PERTUMBUHAN DAN HASIL MICROGREENS BEBERAPA VARIETAS PAKCOY (BRASSICA RAPA. L) PADA MEDIA TANAM YANG BERBEDA

Honesty Valupi (2022), PERTUMBUHAN DAN HASIL MICROGREENS BEBERAPA VARIETAS PAKCOY (BRASSICA RAPA. L) PADA MEDIA TANAM YANG BERBEDA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

         Penelitian ini bertujuan untuk melihat pertumbuhan dan hasil Microgreens dari beberapa varietas pakcoy dan media tanam yang berbeda serta melihat interaksi antara keduanya. Penelitian dilaksanakan di Desa Paya Bujok Tunong, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa  selama 2 bulan yang di mulai dari bulan Juni sampai Juli 2021.


            Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor, yaitu faktor varietas pakcoy (P) yang terdiri dari 3 varietas : P1 = Nauli F1, P2 = Dakota, dan P3 = Shinta., serta faktor media tanam (M) yang terdiri dari 3 jenis : M1 = Rockwool, M2 = Cocopeat, dan M3 = Vermikulit. Parameter yang diamati dalam penelitian ini antara lain : tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), lebar daun (cm), dan berat segar per tanaman (gr).


Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas pakcoy berpengaruh sangat nyata terhadap parameter tinggi tanaman dan berat segar. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan P1 (Nauli F1). Adapun penggunaan media tanam berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun dan berat segar. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan M2 (cocopeat).


Interaksi antara varietas pakcoy dengan penggunaan media tanam berpengaruh sangat nyata terhadap perameter tinggi tanaman dan jumlah daun. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap lebar daun dan berat segar. Interaksi terbaik diperoleh pada perlakuan P1M2 (Nauli F1  + cocopeat).


Sesuai dengan hasil penelitian ini untuk mendapatkan pertumbuhan dan hasil yang terbaik dari microgreens pakcoy, disarankan menggunakan pakcoy varietas Nauli F1 (P1) dan media tanam cocopeat (M2) yang dilakukan secara bersamaan.

Kata kunci : Microgreens, Varietas, Media

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Honesty Valupi
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 23-01-2022 20:33
Terakhir diubah : 21-02-2022 16:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2364
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!