ANALISIS KECAKAPAN SISWA KELAS XI IPA DALAM PENGUASAAN MEDIA DIGITAL BERBASIS PLATFORM SCHOOLOGY DI MAN 1 LANGSA

Wal Asri Rahmadani (2022), ANALISIS KECAKAPAN SISWA KELAS XI IPA DALAM PENGUASAAN MEDIA DIGITAL BERBASIS PLATFORM SCHOOLOGY DI MAN 1 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Analisis Kecakapan Siswa Kelas XI IPA Dalam Penguasaan Media Digital Berbasis Platform Schoology Di MAN 1 Langsa. Hal yang melatar belakangi penelitian ini yaitu karna adanya penggunaan media digital berbasis schoology sebagai salah satu media untuk membantu dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran fisika.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Kecakapan Siswa Kelas XI IPA Dalam Penguasaan Media Digital Berbasis Platform Schoology Di MAN 1 Langsa pada aspek penggunaan internet, aspek penggunaan media schoology, aspek penguasaan pengetahuan, dan aspek kemampuan komunikasi.


Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli 2021 di MAN 1 Langsa. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang dipilih secara Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang dipakai berupa angket/kuisioner dengan penilaian skala likert. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif sehingga teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif.


Hasil penelitian menunjukkan pada aspek penggunaan internet didapatkan nilai persentase rata-rata secara keseluruhan senilai 42,109 % yang berarti bahwa hampir setengah dari siswa mampu atau cakap dalam aspek penggunaan internet.  Pada aspek penggunaan media schoology didapatkan nilai persentase rata-rata secara keseluruhan senilai 43,598 % yang berarti bahwa hampir setengah dari siswa mampu atau cakap dalam aspek penggunaan media schoology. Pada aspek penguasaan pengetahuan didapatkan rata-rata secara keseluruhan senilai 41,348 % yang berarti bahwa hampir setengah dari siswa mampu atau cakap dalam aspek penguasaan pengetahuan. Pada aspek kemampuan komunikasi didapatkan nilai keseluruhan senilai 36,936 % yang berarti bahwa hampir setengah dari siswa mampu atau cakap dalam aspek kemampuan komunikasi.


Adapun saran peneliti kepada siswa yaitu untuk lebih aktif saat pembelajaran, serta lebih meningkatkan kecakapan dalam penggunaan media schoology dengan cara terus mempelajarinya. Kepada guru semoga lebih mengembangkan lagi penggunaan media digital berbasis platform schoology agar menjadi media yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan aspek-aspek yang lebih luas lagi agar penelitian tentang analisis kecakapan siswa dalam penggunaan media digital berbasis platform schoology

Kata kunci : Kunci: Kecakapan, Media Digital, Schoology

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wal Asri Rahmadani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2022)
Tanggal disimpan : 12-01-2022 12:17
Terakhir diubah : 15-02-2022 12:36
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2321
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!