PENERAPAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA KELAS I SD NEGERI 3 LANGSA

Vivi Rafika (2022), PENERAPAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA KELAS I SD NEGERI 3 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa di kelas. Terlihat dari ketidakmampuan siswa dalam mengungkapkan pendapat, karena siswa tidak percaya diri pada saat melakukan kegiatan yang berkaitan dengan berbicara di kelas.


Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas I SD Negeri 3 Langsa dengan menggunakan model Talking Stick. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini siswa kelas I SD Negeri 3 Langsa berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus dengan instrumen yang digunakan yaitu RPP, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi siswa dan penilaian praktik keterampilan berbicara. Analisis data penelitian ini melalui tahap: pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, analisis data dan interpretasi data.


Hasil dari penlitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa meningkat dibuktikan pada perolehan nilai siklus  I,II dan III. Pada siklus I nilai keterampilan berbicara siswa mencapai 50% dengan rata-rata keberhasilan 60,83% pada siklus II meningkat mencapai 87,5% dengan rata-rata keberhasilan 77,91%. Dan siklus III kembali meningkat mencapai 95,83% dengan nilai rata-rata 83,12%. Ini memperlihatkan bahwa keterampilan berbicara siswa telah mencapai indikator keberhasilan.


Dari penjelasan diatas saran pada penelitian ini adalah model Talking Stick menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan kemampuan guru untuk menggunakan model pembelajaran agar menciptakan pembelajaran lebih  menarik untuk siswa

Kata kunci : Model pembelajaran, Keterampilan berbicara, Talking Stick

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Vivi Rafika
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 11-01-2022 11:09
Terakhir diubah : 16-02-2022 12:53
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2311
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!