PENERAPAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS V SD NEGERI 3 LANGSA TAHUN AJARAN 2021/2022

Muhammad Syukur (2022), PENERAPAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS V SD NEGERI 3 LANGSA TAHUN AJARAN 2021/2022 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang memahami bacaan yang dibacanya, ketika guru menanyakan kembali makna yang terkandung didalam bacaan, siswa tersebut tidak dapat menjawabnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menerapkan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Jenis penelitian yaituPenelitian Tindakan Kelas mengacu pada model Kemmis Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Langsa dengan jumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu RPP, lembar observasi guru dan siswa, penilaian keterampilan membaca pemahaman. Analisis data hasil penelitian dengan pengumpulan data, reduksi data pemaparan data, analisis data dan interprestasi data. Hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa disiklus I memperoleh ketuntasan mencapai 45,82% dengan rata-rata 59,60% sedangkan di siklus II meningkat menjadi 82,85% dengan rata-rata 74,42%, disiklus III kembali meningkat menjadi 97,14% dengan rata-rata 94,68%. Dari pemaparan tersebut di sarankan kepada ibu kepala sekolah untuk memberikan bimbingan kepada seluruh guru yang mengajar di sekolah tersebut, kepada ibu wali kelas untuk lebih sering mengajarkan dengan menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang menyenangkan salah satunya strategi PQ4R dan saran untuk siswa yaitu siswa memperhatikan setiap langkah-langkah pembelajaran yang di lalui karena strategi ini menuntut siswa lebih aktif dalam setiap proses pembelajaran.

Kata kunci : Strategi Pembelajaran (PQ4R) Keterampilan Membaca Pemahaman

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad Syukur
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 07-01-2022 16:04
Terakhir diubah : 27-01-2022 06:50
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2305
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!