ANALISIS IMPLEMENTASI KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) PADA PEKERJAAN DUPLIKASI JEMBATAN PEUREULAK DI KABUPATEN ACEH TIMUR

Ali Asmar (2022), ANALISIS IMPLEMENTASI KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) PADA PEKERJAAN DUPLIKASI JEMBATAN PEUREULAK DI KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di lokasi proyek duplikasi jembatan Peureulak masih mengalami banyak hambatan, hambatan tersebut berupa pekerja yang belum menerapkan dan mematuhi kaidah K3 disaat bekerja. Hal ini menjadi suatu masalah dan perlu ditanya dalam suatu penelitian guna mengungkap tingkat pemahaman pekerja tersebut akan K3. Penelitian ini bertujuan untuk analisis dan observasi penerapan implementasi kesehatan dan keselamatan kerja serta mengetahui hubungan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dengan produktifitas pekerja proyek duplikasi jembatan Peureulak. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket ke sampel yaitu pekerja proyek duplikasi jembatan peureulak. Angket yang disebarkan tersebut merupakan data primer dan data sekunder  yang telah didapatkan. Analisisi data menggunakan teknik deskriptif, perhitungan persentase dan perhitungan korealsi antara implementasi K3 dengan produktifitas pekerja. Derajat Pencapaian (DP) yang didapatkan dari hasil perhitungan pada variabel implementasi K3 diperoleh  87,42 % dan variabel produktifitas pekerja diperoleh 90,42 %. Dari hasil perhitungan pada variabel implemetasi K3 dengan variabel produktifitas pekerja didapatkan korelasi yang sedang di antara kedua variabel tersebut. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi K3 di proyek duplikasi jembatan peureulak terlaksana dengan baik dan perlu ditingkatkan lagi untuk meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan kerja.

Kata kunci : Penerapan, Kesehatan dan Keselamatan kerja

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ali Asmar
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2022)
Tanggal disimpan : 06-01-2022 22:43
Terakhir diubah : 28-03-2022 12:14
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2300
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!