ORGANISASI-ORGANISASI SOSIAL POLITIK DI ACEH PADA AWAL ABAD KE-20

Indah fajira (2022), ORGANISASI-ORGANISASI SOSIAL POLITIK DI ACEH PADA AWAL ABAD KE-20. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Aceh menjadi salah satu daerah yang sngat penting bagi perkembangan Indonesia. Karena, Aceh memiliki sumber daya alam yang bisa dikembangkan untuk pendapatan ekonomi yang lebih baik. Dalam rangka menuju Aceh yang lebih maju, maka sejumlah tokoh mendirikan berbagai organisasi penting, untuk membangun visi dan juga misi penting dalam pertumbuhan dan perkembangan Aceh. Karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait “Organisasi- Organisasi Sosial Politik di Aceh Pada Awal Abad ke-20”


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan perkembangan serta pengaruh organisasi-organisasi sosial politik pada awal abad ke-20. Penelitian ini memiliki tujuan untuk dari 3 permasalahan pokok, yaitu (1) mengetahui latar belakang lahirnya organisasi-organisasi sosial politik di Aceh pada awal abad ke- 20, (2) bagaimana perkembangan organisasi-organisasi sosial politik di Aceh pada awal abad ke-20, (3) bagaimana pengaruh organisasi-organisasi sosial politik di Aceh pada awal abad ke-20.


Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan 4 metode yaitu Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi, dan juga Historiografi dengan memperoleh sumber data berupa sumber primer dan juga sumber sekunder.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lahirnya berbagai organisasi- organisasi sosial politik di Aceh pada awal abad ke-20 dilatarbelakangi oleh berbagai hal dan itu dilihat dari masing-masing organisasinya. Terdapat 4 organisasi yang diteliti pada penelitian ini yaitu PUSA (Persatuan Ulama Aceh), Atjeh Vereeniging, Pesindo dan juga Serikat Islam. Munculnya organisasi tersebut dikarenakan tujuannya yang ingin memajukan masyarakat Aceh ke arah yang lebih baik. Perkembangan tiap-tiap organisasi terus berkembang dengan baik, dimana dampak positif yang terjadi di masyarakat Aceh khususnya. Pengaruh dari keempat organisasi tersebut di bidang sosial dan politik terletak pada pendidikan untuk masyarakat Aceh yang sudah disediakan baik dalam bentuk madrasah atau lainnya. Untuk bidang politiknya tiap-tiap organisasi terus berjuang untuk mempertahankan tanah Aceh agar tidak direbut dan dikuasai para penjajahan.

Kata kunci : Organisasi Organisasi Sosial politik di Aceh Pada Awal Abad ke-20

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Indah fajira
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2022)
Tanggal disimpan : 27-12-2021 12:23
Terakhir diubah : 14-06-2022 11:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2257
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!