PENGARUH PENAMBAHAN AMPAS KELAPA YANG DIFERMENTASI ASPERGILLUS ORIZAE TERHADAP PERTUMBUHAN ITIK PEDAGING (ANAS JAVANICUS)

Diajeng Firda Adinda (2021), PENGARUH PENAMBAHAN AMPAS KELAPA YANG DIFERMENTASI ASPERGILLUS ORIZAE TERHADAP PERTUMBUHAN ITIK PEDAGING (ANAS JAVANICUS). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ampas kelapa dapat digunakan sebagai pakan alternatif untuk itik pedaging karena masih memiliki kandungan nutrisi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penambahan ampas kelapa yang difermentasi Aspergillus oryzae terhadap pertumbuhan itik pedaging serta mengetahui seberapa besar pengaruh penambahan ampas kelapa yang difermentasi Aspergillus oryzae terhadap pertumbuhan itik pedaging. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang terdiri dari 4 perlakuan yaitu P0 (kontrol), P1 (25% fermentasi ampas kelapa), P2 (50% fermentasi ampas kelapa) dan P3 (75% fermentasi ampas kelapa). Itik diberi pakan sesuai standart pakan itik sebanyak 1 kali sehari sesuai perlakuan dan umur. Parameter yang diamati adalah Bobot Badan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menimbang bobot 1 kali dalam seminggu selama 30 hari lalu data dianalisis dengan uji One Way Anova pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan penambahan fermentasi ampas kelapa oleh Aspergillus oryzae sebagai campuran pakan memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan itik pedaging ini dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 57.191 > 3.49. Pertumbuhan itik pedaging paling tinggi terdapat pada perlakuan (P3) yaitu dengan rata-rata bobot sebanyak 646.12 gram, sedangkan pertumbuhan paling rendah terdapat pada perlakuan (P1) yaitu 503 gram. Perlu adanya perbaikan komposisi nutrisi dengan penambahan ampas kelapa sehingga dapat meningkatkan kadar protein daging itik.

Kata kunci : Ampas kelapa, Itik pedaging, Aspergillus oryzae

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Diajeng Firda Adinda
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 23-12-2021 11:42
Terakhir diubah : 28-12-2021 22:38
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2230
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!