PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATERI STRUKTUR ATOM

Irma Amalia (2021), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada materi struktur atom dan mengetahui kelayakan media serta mengetahui respon guru terhadap media yang telah dihasilkan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode ADDIE yang diadaptasi dari Dick and Carrey. Subjek penelitian adalah ahli media, ahli materi dan guru kimia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli dan angket respon guru untuk memperoleh data kuantitatif sebagai data primer dan data kualitatif berupa saran dan masukan sebagai data untuk perbaikan media pembelajaran e-learning. Data kuantitatif yang diperoleh kemudian dikonversi menjadi data kualitatif menggunakan kriteria penilaian. Hasil penelitian berupa media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada materi struktur atom dengan penilaian kelayakan media sebesar 92,8% dengan kriteria sangat layak dan penilaian kelayakan materi sebesar 91,7% dengan kriteria sangat layak. Hasil respon 5 guru kimia di SMA Negeri Langsa menunjukkan presentase rata-rata 87% dengan kriteria sangat menarik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada materi struktur atom yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran

Kata kunci : E-learning, Media Pembelajaran, Moodle, Pengembangan, Struktur Atom

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Irma Amalia
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2021)
Tanggal disimpan : 21-12-2021 10:29
Terakhir diubah : 21-12-2021 10:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2217
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!