ANALISIS NILAI KARAKTER RASA INGIN TAHU DALAM CERITA DONGENG PADA BUKU SISWA KELAS III SD

Yusnita (2021), ANALISIS NILAI KARAKTER RASA INGIN TAHU DALAM CERITA DONGENG PADA BUKU SISWA KELAS III SD. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena pendidikan adalah proses perubahan tingkah laku, penambahan  ilmu pengetahuan dan pengalaman hidup agar peserta didik menjadi lebih dewasa dalam pemikiran dan sikap.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter rasa ingin tahu dalam cerita dongeng pada buku siswa kelas III SD.


Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis konten. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik dari Lavrakas yang mana analisis data munggunakan phase and steps in qualitative content analysis ada delapan yaitu Absord Content, Determine the unit of analysis, Develop unique codes, Conduct preliminary coding, Code content, Identify categories across codes, Identify themes / patterns across categories, Draw interpretations and implications.


       Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Analisis Nilai Karakter Rasa Ingin Tahu Dalam Cerita Dongeng Pada Buku Siswa Kelas III SD dapat disimpulkan sebagai berikut: dari 11 dongeng, 4 diantaranya terdapat nilai karakter rasa ingin tahu yang dibuktikan dari indikator rasa ingin tahu, dari 5 indikator ditemukan 2 indikator yang terdapat dicerita dongeng yaitu Antusias Mencari Jawaban (AMJ), Penasaran Terhadap Sesuatu (PTS).


            Adapun saran dalam penelitian ini, diharapkan kepada pembaca agar dapat memahami dan mempelajari nilai karakter rasa ingin tahu, khususnya bagi peserta didik agar lebih aktif dalam kelas

Kata kunci : Karakter Rasa Ingin Tahu, Dongeng, Buku

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Yusnita
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 16-12-2021 14:08
Terakhir diubah : 16-12-2021 15:23
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2184
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!