ANALISIS NILAI KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM LAGU ANAK KARYA A.T. MAHMUD

Mulia (2021), ANALISIS NILAI KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM LAGU ANAK KARYA A.T. MAHMUD. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan karakter merupakan perwujudan dalam mencapai generasi yang cerdas dan kepribadian yang berguna bagi bangsa indonesia. Karakter dapat terbentuk melalui lingkungan sekitar yaitu keluarga dan juga di sekolahnya. Pembentukan karakter bisa dilakukan disekolah dalam pembelajaran namun bisa juga melalui lagu-lagu yang di dengar atau dinyanyikan sianak yang diajarkan oleh gurunya.


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai karakter yang terkandung dalam lagu anak karya A.T. Mahmud.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis konten. Subjeknya adalah lagu anak karya A.T Mahmud dan yang menjadi objeknya adalah nilai-nilai karakter yang terkandung dalam lagu anak karya A.T Mahmud. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam peneltian ini adalah pengadaan data, reduksi data, inferensi, dan yang terakhir analisis data.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) nilai karakter pelangi terdapat satu nilai karakter yaitu religius, (b) lagu aku anak gembala terdapat 2 nilai karakter yaitu disiplin dan kerja keras, (c) lagu aku anak indonesia terdapat 2 nilai karakter diantaranya toleransi dan cinta tanah air, (d) lagu ambilkan bulan bu terdapat 1 nilai karakter diantaranya religius, (e) lagu mendaki gunung terdapat 1 nilai
karakter yaitu bersahabat/komunikatif.


Saran yang dapat diberikan adalah penelitian ini bisa dijadikan acuan untuk orang tua dalam membimbing anak agar memilih lagu yang sesuai dengan umurnya, sebagai referensi untuk guru lagu anak karya A.T. Mahmud dapat digunakan dalam pembelajaran agar anak memiliki nilai karakter yang baik sehingga bisa diterapkan dikehidupan sehari-hari.

Kata kunci : Nilai karakter dan lagu anakkarya A.T. Mahmud

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mulia
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 03-12-2021 11:52
Terakhir diubah : 11-02-2022 16:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2119
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!