ANALISIS NILAI KARAKTER TOLERANSI YANG TERDAPAT DI DALAM BUKU CERITA RAKYAT DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA ACEH

Isti Khamatul Masyihah (2021), ANALISIS NILAI KARAKTER TOLERANSI YANG TERDAPAT DI DALAM BUKU CERITA RAKYAT DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA ACEH. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Nilai karakter toleransi dapat menumbuhkan kompetensi multicultural. Prilaku maupun sikap dapat terbentuk dan berubah melalui apa yang didengar dan dilihat. Dari membaca atau mendengar cerita rakyat dapat memberikan pemahaman terhadap karakter salah satunya toleransi.


Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai karakter toleransi yang terdapat di dalam buku cerita rakyat daerah provinsi daerah istimewa aceh.


Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis konten. Subjeknya karakter toleransi dan objeknya buku cerita rakyat daerah provinsi daerah istimewa aceh.


Penelitian menggunakan teknis pengumpulan data dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan delapan tahapan dari Lavrakas.  


Hasil dari penelitian ini adalah 9 cerita di dalamnya terdapat nilai karakter toleransi ialah 1) Cerita bruek kura terdapat indikator kasih sayang, dan menghargai kebaikan orang lain, 2) Cerita Labang Donya terdapat indikator kasih sayang, 3) Cerita Amat Mude terdapat indikator kasih sayang, dan menghargai kebaikan orang lain. 4) Cerita Inem maskering terdapat indikator peduli, dan menghargai satu sama lain, 5) Cerita Ine Ude terdapat indikator peduli, 6) Cerita Si Kecil terdapat indikator peduli, 7) Cerita Roda Hidup Di Dunia terdapat indikator peduli, 8) Cerita Katip Mundam terdapat indikator menghargai satu sama lain, 9) Cerita Nangke Baobak terdapat indikator kenyamanan dengan orang lain.


Saran yang dapat diberikan ialah penelitian ini bisa dijadikan acuan terhadap orang tua, guru, maupun pembaca akan hal pendidikan terutama pendidikan karakter salah satunya nilai karakter toleransi.


 


 

Kata kunci : Karakter Toleransi dan Buku Cerita rakyat

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Isti Khamatul Masyihah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 30-11-2021 11:50
Terakhir diubah : 03-12-2021 14:16
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2088
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!