ANALISA PENGARUH TEKANAN TERHADAP PERMUKAAN POTONG DAN PENGARUH SOD TERHADAP KEDALAMAN POTONG PADA MESIN WATER JET CUTTING

Sugeng afriansyah (2021), ANALISA PENGARUH TEKANAN TERHADAP PERMUKAAN POTONG DAN PENGARUH SOD TERHADAP KEDALAMAN POTONG PADA MESIN WATER JET CUTTING. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penerapan teknologi dalam upaya peningkatan ragam produk olahan berbahan baku karet merupakan usaha peningkatan nilai jual produk di tataran petani karet. Di tingkat hilir, petani karet umumnya menjual getah karet hasil sadapan tanpa melakukan proses pengolahan menjadi karet setengah jadi. Hal ini berdampak terhadap pendapatan petani karet yang masih rendah dan kurang memadai. Pemanfaatan air sebagai sumber energi untuk melakukan proses pemotongan produk karet ditetapkan mengingat air mudah diperoleh dan dengan menggunakan teknologi yang tepat dapat dimanfaatkan sebagai alat potong. Ditambahkan lagi hasil pemotongan yang diperoleh tidak mempengaruhi sifat-sifat mekanis karet. Prinsip dasar sistem pemotongan menggunakan air adalah mengkonversi air yang bertekanan rendah menjadi air yang bertekanan tinggi. Pengkonversian air tersebut menggunakan pompa sederhana bertekanan 20-60 bar, umumnya digunakan untuk pembersihan mobil, lantai, dinding bangunan dan lain-lain. Namun, tekanan yang dihasilkan masih belum mencukupi untuk memotong material lunak, sehingga diperlukan perancangan sebuah nosel yang dapat menghasilkan tekanan air lebih tinggi. Parameter yang dipertimbangkan dalam perancangan nosel tersebut adalah sudut konikal, panjang tabung silindris dan diameter nosel. Disamping parameter nosel, parameter proses pemotongan juga menjadi bahan pertimbangan. Hasil yang ingin dicapai pada pemotongan lembaran karet dengan tingkat ketebalan yang bervariasi di evaluasi baik terhadap kesalahan dimensi pemotongan, tingkat akurasi maupun kesempurnaan bentuk hasil pemotongan.

Kata kunci : Water Jet Cutting, Parameter Cutting

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sugeng afriansyah
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Mesin (2021)
Tanggal disimpan : 24-11-2021 16:41
Terakhir diubah : 29-11-2021 16:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2058
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!