ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 1 TANAH JAMBO AYE TAHUN AJARAN 2020-2021

Zuhra yuni (2021), ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 1 TANAH JAMBO AYE TAHUN AJARAN 2020-2021 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana kesulitan belajar, faktor-faktor, serta upaya guru dalam mengatasi kesulitan yang dialami peserta didik SMK Negeri 1 Tanah Jambo Aye pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan mendeskripsikan data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan belajar yang dialami peserta didik di SMK Negeri 1 Tanah Jambo Aye pada mata pelajaran sejarah, ketidak sesuaian bakat peserta didik pada mata pelajaran sejarah, kebiasaan belajar yang tidak baik, tidak teratur dan kurangnya kesiapan siswa dalam belajar serta cara mengajar guru. faktor internal dan faktor eksternal penyebab kesulitan belajar mata pelajaran sejarah di SMK antara lain: faktor individu kurangnya motivasi dan minat peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran sejarah, faktor lingkungan, faktor keluarga dan faktor sekolah. Kurang mendukungnya saran dan prasarana untuk menunjang mata pelajaran sejarah yang tidak maksimal,metode dan media pembelajaran sejarah yang digunakan guru dalam mengajar kurang sesuai dengan yang diinginkan oleh peserta didik, keluarga peserta didik kurang memotivasi pada anak sehingga membuat peserta didik malas untuk mempelajari pelajaran sejarah. upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar yaitu: upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah(eksternal) pengadaan sarana dan prasarana, memberi pengajaran perbaikan (remedial), memberikan pengayaan materi serta menumbuhkan minat peserta didik. Disarakan kepada pihak sekolah dan guru untuk mempunyai kopetensi yang baik dalam menyediakan media pembelajaran serta metode pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran sejarah, agar pelajaran sejarah menjadi pelajaran yang diminati oleh peserta didik SMK.

Kata kunci : Analisis, Kesulitan Belajar, Mata pelajaran Sejarah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Zuhra yuni
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2021)
Tanggal disimpan : 19-11-2021 17:29
Terakhir diubah : 21-12-2021 08:07
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2024
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!