NILAI-NILAI MULTIKULTURAL BUKU SISWAKELAS IV SD SEMESTER GANJIL DAN GENAP

Fera Mustika (2022), NILAI-NILAI MULTIKULTURAL BUKU SISWAKELAS IV SD SEMESTER GANJIL DAN GENAP. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Banyaknya keragaman yang ada di indonesia sangat penting ditanamkan nilai multikultural sejak usia dini, sehingga dapat membentuk perilaku yang saling menghairgai dan memahami perbedaan. Multikultural hadir sebagai proses pendidikan yang mengedepankan keberagaman, perbedaan toleransi, tolongmenolong,
cinta tanah air, berbaik sangka, keadilan, nilai persamaan dan persaudaraan, nilai keterbukaan dan nilai kemanusiaan dan mempersiapkan siswa untuk aktif sebagai warga negara dalam masyarakat yang secara etnik, kultur, dan agama yang beragam. Dalam penanaman multikultural dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan melalui media buku teks tematik. Buku teks tematik pelajaran merupakan langkah strategis untuk menanamkan multikultural kepada peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai multikultural apa saja yang terdapat pada buku siswa kelas IV SD semester ganjil dan genap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis konten.
Subjek dari penelitian ini adalah buku tematik siswa kelas IV dan yang menjadi objeknya adalah nilai-nilai multikultural yang ada dalam buku tematik siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengadaan data, reduksi data, inferensi, dan analisis data.
Hasil dari penelitian ini terdapat 7 nilai multikultural dalam buku siswa kelas 4 semester 1 dan 2 dengan 9 tema, yang diperoleh dari data nilai multikultural dengan indikator keterbukaan, kemanusiaan, toleransi, tolongmenolong, keadilan, persamaan dan persaudaraan, serta cinta tanah air, dan hanya nilai berbaik sangka yang tidak terdapat pada buku kelas 4 semester 1 dan 2.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini diharapkan bisa dijadikan sebagai pedoman dan pertimbangan bagi guru dalam mempelajari buku siswa kelas 4 untuk ditelaah dan diterapkan dalam menanamkan nilai multikultural pada siswa. Serta diharapkan juga kepada pembaca untuk memahami dan mengerti dengan baik dan benar mengenai nilai multikultural yang terkandung dalam buku siswa kelas 4 sekolah dasar

Kata kunci : Buku Siswa, Nilai Multikultural

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fera Mustika
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 18-11-2021 16:40
Terakhir diubah : 25-03-2022 11:56
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2012
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!