DESKRIPSI TINGKAT KESEJAHTERAAN PENDUDUK ASLI DAN PENDUDUK PENDATANG DI GAMPONG MEURANDEH DAYAH KECAMATAN LANGSA LAMA KOTA LANGSA

Elvin Satria Lesmana (2021), DESKRIPSI TINGKAT KESEJAHTERAAN PENDUDUK ASLI DAN PENDUDUK PENDATANG DI GAMPONG MEURANDEH DAYAH KECAMATAN LANGSA LAMA KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Studi ini adalah sebuah penelitian dengan tujuan untuk mengetahui Tingkat Kesejahteraan Penduduk Asli Dan Penduduk Pendatang diGampong Meurandeh Dayah Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa. Dalam penelitian ini peneliti memilih di Gampong Meurandeh Dayah Kecamatan Langsa Lama Kota langsa sebagai lokasi penelitian yang dilatarbelakangi oleh fakta bahwa Aceh terletak dibagian paling barat gugusan kepulauan Nusantara, menduduki posisi strategis sebagai pintu gerbang lalu lintas perniagaan dan kebudayaan yang menghubungkan Timur dan Barat sejak berabad-abad lampau. Hal ini menjadikan Provinsi Aceh sebagai wilayah yang cukup potensial untuk dijadikan wilayah tujuan bermigrasi. Peningkatan jumlah penduduk menyebar di seluruh wilayah Provinsi Aceh tidak terkecuali di Gampong Meurandeh Dayah kecamatan Langsa Lama Kota Langsa. Hal ini menjadikan Provinsi Aceh sebagai wilayah yang cukup potensial untuk dijadikan wilayah tujuan bermigrasi. Sehingga atas dasar hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Penduduk Asli Dan Penduduk Pendatang Di Gampong Meurandeh Dayah dengan menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif yang terdiri dari 3 dusun yaitu : Dusun kawatan, Dusun Bahagia, dan Dusun Dayah. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini menggunakan teknik, Observasi, Dokumentasi dan Wawancara.Berdasarkan uraian dan Deskripsi Data Primer Dan Data Skunder hasil penelitian yang telah dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pengolahan data menggunakan tabel persentase maka hasil penelitian jika dillihat dari kepemilikan tempat tinggal, kepemilikan kendaraan, kepemilikan lahan, pendapatan perbulan pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan, keluarga penduduk asli lebih unggul atau lebih tinggi jadi dapat disimpulkan bahwa keluarga penduduk asli lebih sejahtera dibandingkan dengan keluarga penduduk pendatang.Berdasarkan kesimpulan yang dipaparkan maka peneliti memberi beberapa saran yaitu, bagi keluarga penduduk asli dan penduduk pendatang diharapkan dapat lebih memaksimalkan guna yang masih tersisa agar tetap dipertahankan untuk meningkatkan atau menambah perekonomian keluarga, keluarga penduduk asli dan penduduk pendatang diharpkan mampu berfikir kedepan mengenai pendidikan keluarga (anak dan cucu) guna meningkatkan status sosial kelurga, adanya kesadaran dari setiap kepala keluarga akan lingkungan sekitar yang ditempati.

Kata kunci : Penduduk Asli Dan Penduduk Pendatang, Sosial Ekonomi.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Elvin Satria Lesmana
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2021)
Tanggal disimpan : 18-11-2021 16:36
Terakhir diubah : 14-02-2022 15:17
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2011
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!