ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS, KERJA KERAS, DAN BERSAHABAT YANG TERDAPAT DALAM BUKU SANG PEMIMPI

Zuliana Fitriani (2021), ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS, KERJA KERAS, DAN BERSAHABAT YANG TERDAPAT DALAM BUKU SANG PEMIMPI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan memiliki tujuan sebagai usaha dalam mewujudkan suasana dan proses pembelajaran untuk mengembangkan potensi diri individu dalam memperbaiki karakter. Karakter merupakan sifat seseorang yang diwujudkan dalam tindakan yang nyata. Karakter berbasis nilai religius menjadi salah satu nilai-nilai dasar dalam agama yang dapat memperbaiki setiap tindakan masing-masing individu, begitu juga dengan karakter kerja keras diartikan sifat seseorang yang melakukan sesuatu dengan berjuang lebih keras untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Selanjutnya, bersahabat harus dimiliki oleh setiap individu untuk saling menjaga hubungan yang baik.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter religius, kerja keras dan bersahabat terdapat di dalam buku Sang Pemimpi.


Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah analisis isi (Content Analysis).


Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis datanya menggunakan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu tahap 1: Pembuatan data (coding), (1) Serap konten, (2) Tentukan unit analisis,                  (3) Kembangkan kode unik, (4) Lakukan pengkodean awal, (5) Kode konten,     tahap 2: Analisis data (Kategorisasi/ Interpretasi), (6) Identifikasi kategori di seluruh kode, (7) Identifikasi tema atau pola lintas kategori, (8) Gambarkan interpretasi dan implikasi dari data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku “Sang Pemimpi” ditemukan nilai karakter: 1) Religius, 2) Kerja keras, dan 3) bersahabat.


Saran dari hasil penelitian ini diharapkan kepada pendidik bermanfaat untuk dimplementasikan dalam proses pembelajaran supaya terbentuk karakter yang baik. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya dapat dijadikan bahan untuk memperluas pengetahuan dan wawasan tentang pendidikan karakter

Kata kunci : Karakter Religius, Kerja keras, dan Bersahabat, Buku Sang Pemimpi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Zuliana Fitriani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 17-11-2021 18:25
Terakhir diubah : 20-11-2021 14:53
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1995
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!