PERANCANGAN PENJADWALAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA NON DELAY UNTUK MEMINIMALKAN MAKESPAN ( STUDI KASUS : UD. REZEKI ABADI – SUNGAI PAUH, LANGSA BARAT ).

Wiranda Alzamharir (2021), PERANCANGAN PENJADWALAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA NON DELAY UNTUK MEMINIMALKAN MAKESPAN ( STUDI KASUS : UD. REZEKI ABADI – SUNGAI PAUH, LANGSA BARAT ).. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

UD Rezeki Abadi merupakan suatu usaha yang memproduksi tepung dari bahan baku beras dan biji – bijian lainnya dengan label Cap Jempol yang berada di desa Sungai Pauh, Kecamatan Langsa Barat. UD. Rezeki Abadi mendistribusikan hasil produksi ke daerah yang terdapat di Kota Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang, dengan sistem make to order (dibuat sesuai pesanan). Permasalahan yang dialami UD. Rezeki Abadi antara lain penyelesaian pekerjaan melebihi waktu yang ditargertkan oleh perusahaan, sehingga menyebabkan waktu yang dibutuhkan untuk meproduksi tepung (makespan) menjadi lebih lama. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan penjadwalan produksi dengan optimal sehingga dapat mempersingkat waktu penyelesaian akhir (makespan) secara keseluruhan. Dengan menggunakan metode penjadwalan algoritma non delay dapat meningkatkan produktivitas mesin dengan cara meminimalkan jumlah mesin yang menganggur. Tahap – tahap dalam penelitian ini adalah dimulai dari obesrvasi langsung pada studi kasus tersebut, studi literature, perumusan masalah, pengambilan data, pengolahan data dan terakhir adalah merancang penjadwalan. Dari hasil penjadwalan menggunakan metode algoritma non delay, UD. Rezeki Abadi menghasilkan total waktu proses produksi (makespan) sebesar 91,81 menit untuk menghasilkan 5 karung atau 125 kg. Dalam sehari terdapat 8 jam kerja atau 480 menit, jadi UD. Rezeki Abadi dapat memproduksi maksimal 26 karung perhari.


 


 

Kata kunci : UD. Rezeki Abadi, make to order, makespan, penjadwalan produksi, algoritma non delay

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wiranda Alzamharir
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2021)
Tanggal disimpan : 16-11-2021 16:42
Terakhir diubah : 20-11-2021 00:13
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1974
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!