PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCAFFOLDING PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

Vitri Tamala Sihite (2021), PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCAFFOLDING PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Bahan ajar merupakan sebuah alat pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran, penggunaan bahan ajar seperti buku paket selama pembelajaran berlangsung membuat peserta didik kurang termotivasi dalam belajar. Peserta didik membutuhkan bahan ajar yang mempunyai bentuk sajian yang ringan dan menarik minat baca sehingga membuat hasil belajar mereka memuaskan, maka dibutuhkan bahan ajar yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik yaitu lembar kerja peserta didik (LKPD). Pengembangan (LKPD) berbasis scaffolding bertujuan mengetahui LKPD berbasis Scaffolding layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi sistem periodik unsur dan mengetahui respon guru terhadap LKPD berbasis scaffolding pada materi sistem periodik unsur. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Instructional Design Model ADDIE. Tempat penelitian ini di SMA Negeri se-kota Langsa. Subjek penelitian yaitu salah satu guru kimia di SMA Negeri se kota Langsa. Instrumen pada penelitian ini yaitu validasi ahli media, ahli materi dan respon guru. Teknik analisis data menggunakan instrument non tes berupa angket dengan tehnik analisis data deskriptif menggunakan skala likert. Hasil penelitian yang didapat adalah LKPD berbasis scaffolding yang dikembangkan memiliki kriteria yang sangat layak yaitu hasil validasi materi 81,0366% dengan kriteria sangat layak dan hasil validasi media 81,18875% dengan kriteria sangat layak. Kriteria kemenarikan yang didapat yaitu hasil nilai respon guru di SMA Negeri se-kota Langsa 93,8335% dengan kriteria sangat menarik. Sehingga LKPD dapat disimpulkan bahwa berbasis scaffolding yang dikembangkan sangat layak dan mendapat respon yang sangat menarik dari guru serta dapat dijadikan sebagai bahan ajar

Kata kunci : Pengembangan, LKPD, dan Scaffolding

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Vitri Tamala Sihite
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2021)
Tanggal disimpan : 15-11-2021 11:19
Terakhir diubah : 29-11-2021 10:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1958
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!