PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN TERHADAP ETIKA LINGKUNGAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA TAMAN HUTAN KOTA LANGSA

YUNI RAHAYU (2021), PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN TERHADAP ETIKA LINGKUNGAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA TAMAN HUTAN KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kota Langsa merupakan Kota yang telah menjadi salah satu tujuan wisata di Provinsi Aceh. Selain wisata hutan mangrove, objek wisata yang menjadi favorit bagi wisatawan adalah RTH Taman Hutan Kota Langsa atau lebih di kenal dengan sebutan Hutan Lindung Kota Langsa. Sehingga banyak wisatawan yang berkunjung di objek wisata ini. Dengan banyaknya jumlah kunjungan, kerusakan lingkungan pun sering terjadi dikarenakan wisatawan yang tidak menerapkan etika lingkungan yang baik. Kurangnya etika lingkungan ditenggrai oleh rendahnya pengetahuan manusia terhadap etika lingkungan.


Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui bagaimana tingkat pengetahauan tentang lingkungan wisatawan di objek wisata RTH Taman Hutan Kota Labgsa. (2) mengetahui tingkat etika lingkungan wisatawan di objek wisata RTH Taman  Hutan Kota Langsa. (3). Mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan lingkungan terhadap etika lingkungan wisatawan di objek wisata RTH Taman Htan Kota Langsa.


Jenis penelitian yang digunakan adalah desain kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan statistik yang bertujuan untuk menguji hipotesis tentang pengaruh satu atau beberapa variabel (variabel independen) terhadap variabel lainnya (variabel dependen). Sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung di Taman Hutan Kota Langsa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling yang di pilih oleh peneliti secara kebetulan beretemu dengan peneliti pada saat berada di lokasi penelitian dan di anggap cocok untuk dijadikan sampel yang tidak dilihat dari srata atau tingkatan dengan jumlah kuota yang diinginkan peneliti.


Hasil penelitian menunjukkan (1). Pengetahuan lingkungan wisatawan Taman Hutan Kota Langsa dengan skor rata-rata sebesar 14,7 dengan 50% masuk dalam kategori sedang. (2). Etika lingkungan wisatawan Taman Hutan Kota Langsa dengan skor rata-rata 68 sebesar 66,6% masuk dalam kategori sedang. (3). Terdapat pengaruh yang positif antara pengetahuan lingkungan terhadap etika lingkungan wisatawan di objek wisata Taman Hutan Kota Langsa dengan kontribusi sebesar 15 % dengan taraf signifikansi 0,05 (5%). Uji hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa dan t hitung> ttabel (2,282 > 2,045) maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa pengaruh pengetahuan lingkungan berpengaruh terhadap etika lingkungan wisatawan di objek wisata Taman Hutan Kota Langsa

Kata kunci : Pengetahuan,Etika, Lingkungan, Wisatawan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : YUNI RAHAYU
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2021)
Tanggal disimpan : 11-11-2021 16:48
Terakhir diubah : 18-11-2021 19:00
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1948
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!