PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA POS KUPI LANGSA

YOPI HERMANDA (2018), PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA POS KUPI LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kehandalan, daya
tanggap, bukti fisik, jaminan, dan empati terhadap loyalitas pelanggan pada Pos
Kupi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 96 orang. Metode
analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan
analisis koefisien determinasi. Persamaan regresi dalam penelitian ini yaitu Y =
2,284 + 0,301X1 + 0,265X2 + 0,422X3 + 0,039X4 + 0,221X5. Konstanta sebesar
2,284 berarti apabila kehandalan, daya tanggap, bukti fisik, jaminan dan empat
bernilai nol maka loyalitas pelanggan sebesar 2,284. Kehandalan berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Pos Kupi Langsa yang dibuktikan
dari uji t dimana diperoleh thitung > ttabel (2,217 > 1,662) dan nilai t sig yaitu 0,011
< 0,05. Daya tanggap berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada
Pos Kupi Langsa yang dibuktikan dari uji t dimana diperoleh thitung > ttabel (2,011 >
1,662) dan nilai t sig yaitu 0,023 < 0,05. Bukti fisik berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas pelanggan pada Pos Kupi Langsa yang dibuktikan dari uji t
dimana diperoleh karena thitung > ttabel (2,553 > 1,662) dan nilai t sig yaitu 0,035 <
0,05. Jaminan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Pos Kupi
Langsa yang dibuktikan dari uji t dimana diperoleh karena thitung > ttabel (2,304 >
1,662) dan nilai t sig yaitu 0,018 < 0,05. Empati berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan pada Pos Kupi Langsa yang dibuktikan dari uji t dimana
diperoleh karena thitung > ttabel (2,364 > 1,662) dan nilai t sig yaitu 0,032 < 0,05.
Kehandalan, daya tanggap, bukti fisik, jaminan dan empati secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Pos Kupi Langsa yang
dibuktikan dari uji F dimana diperoleh Fhitung > Ftabel (4,410 > 2,31) dan tingkat
signifikansinya 0,031 < 0,05. Dari analisis koefisien determinasi diketahui bahwa
kehandalan, daya tanggap, bukti fisik, jaminan, dan empati mempengaruhi
loyalitas pelanggan pada Pos Kupi Langsa sebesar 38,5%, sedangkan sisanya
61,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Kata kunci : -
File
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : YOPI HERMANDA
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2018)
Pembimbing : (1). Drs. Muhammad Nur Daud, M.Si (2). Rahmi Meutia, S.E., M.S.M
Tanggal disimpan : 21-02-2019 11:35
Terakhir diubah : 21-02-2019 11:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=191