PERAN MAJELIS PENDIDIKAN DAERAH (MPD) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KOMITE SEKOLAH DI KABUPATEN ACEH TIMUR

Tihajar (2021), PERAN MAJELIS PENDIDIKAN DAERAH (MPD) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KOMITE SEKOLAH DI KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Majelis Pendidikan Daerah punya tugas dan fungsi sebagai badan pemikir, Kepmendiknas No. 044/2002 berdasarkan ketentuan tentang daerah Aceh sebagai bidang istimewa dibidang pendidikan (SK Perdana Menteri RI No 1/Missi/1959), serta undang-undang No.44 tahun 1999, dan undang-undang nomor 18 tahun 2001 yang dalam perkembangan disesuaikan dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku secara Nasional. Perbedaan lainnya ialah dalam proses pembentukannya, dimana pembentukan MPD mengacu kepada ketentuan yang tercantum dalam Qanun Pendidikan  Propinsi   Nanggro   Aceh   Darussalam,   bukan Kepmendiknas No. 44/UU/2002.


Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah: Untuk mengetahui latar belakang pembentukan Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Timur. Untuk mengetahui bagaimana peran Majelis Pendidikan Daerah (MPD) dalam meningkatkan kompetensi Komite Sekolah di  Kabupaten Aceh Timur.


Metode penelitian yang penulis gunakan dalam menyelesaikan penelitian ini adalah metode kualitatif. Artinya, data yang dikumpulkan bukan berupa data angka, melainkan data yang berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan atau memo peneliti dan dokumen resmi lain yang mendukung. Tujuan menggunakan pendekatan kualitatif adalah agar peneliti dapat menggambarkan realita empiris di balik fenomena yang terjadi terkait dengan Peran Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Dalam Meningkatkan Kompetensi Komite Sekolah Di  Kabupaten Aceh Timur.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang dibentuknya Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Timur, adalah untuk memberikan pertimbangan kepada pemerintah daerah dalam menentukan kebijaksan dibidang pendidikan. MPD Aceh dibentuk pada tanggal 31 Agustus 1990. Pembentukan MPD Aceh dalam rangka mengisi keistimewaan Aceh dalam bidang pendidikan dan mewadahi peran serta masyarakat dalam bidang pendidikan. Selain Peran Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Timur sebagai suatu lembaga masyarakat dalam pendidikan untuk: Mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan dan program pendidikan. Meningkatkan tanggung jawab dan peran aktif seluruh stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan yang bermutu melalui wadah forum komite pendidikan kecamatan dan komite sekolah. Menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu.


Saran penulis, bagi peneliti selanjutnya, diharapkan karya tulis ini menjadi acuan tambahan dalam melanjutkan penelitian tentang Peran Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Dalam Meningkatkan Kompetensi Komite Sekolah Di  Kabupaten Aceh Timur, karena penulis yakin bahwa ini adalah sebagian kecil yang dapat diungkapkan dalam tulisan ini, maka dari itu kritik dan saran yang bersifat untuk mendidik sangat penulis harapkan, agar bermanfaat untuk menyempurnakan karya ilmiah ini.

Kata kunci : Majelis Pendidikan Daerah, Komite Sekolah, Kabupaten Aceh Timur

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tihajar
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2021)
Tanggal disimpan : 05-11-2021 09:35
Terakhir diubah : 14-12-2021 12:44
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1889
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!