Pencarian
EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI BIOLOGI DI SMA SE KECAMATAN AIR JOMAN, KABUPATEN ASAHAN
Siti Rohima (2021),
EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI BIOLOGI DI SMA SE KECAMATAN AIR JOMAN, KABUPATEN ASAHAN. Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap semua bidang kehidupan, temasuk salah satunya bidang pendidikan. Adanya pandemi Covid-19 ini membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran daring menjadi salah satu solusi bagi permasalahan di bidang pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring pada materi biologi efektif di laksanakan di SMA se Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan dan untuk mengetahui seberapa efektif penerapan pembelajaran daring pada materi biologi dilaksanakan di SMA se Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Survei dan wawancara dengan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh SMA se Kecamatan Air Joman yang terdiri dari 5 sekolah. Sedangkan Sampel pada penelitian ini adalah seluruh guru biologi di SMA se Kecamatan Air Joman dan siswa yang setiap sekolah berjumlah 10 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrument non tes yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang berisi pertanyaan dalam bentuk tertulis yang diberikan kepada responden.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pembelajaran daring pada materi biologi “kurang efektif” di laksanakan di SMA Se Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan. Penerapan pembelajaran daring pada materi biologi di SMA Se Kecamatan Air Joman secara keseluruhan sebesar 39% dengan kategori “kurang efektif”.
Saran yang diajukan bagi guru dalam penerapan pembelajaran daring yaitu harapan kedepannya bisa menambahkan materi dengan menggunakan video, siaran langsung atau merekam suara, hal tersebut bertujuan untuk siswa mampu memahami materi pembelajaran dengan mudah dan untuk penelitian lebih lanjut hendaknya penelitian ini dapat dilengkapi dengan meneliti aspek lain secara lebih terperinci yang belum terjangkau oleh peneliti saat ini.
Kata kunci : Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, Pembelajaran LuringFile ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : Siti Rohima |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : Pendidikan Biologi (2021) |
Tanggal disimpan | : 01-11-2021 13:28 |
Terakhir diubah | : 15-11-2021 12:02 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2021 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1856 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |