RE-DESIGN PERANCANGAN KURSI ERGONOMIS UNTUK ANAK-ANAK MENGGUNAKAN METODE OWAS (OVAKO WORKING ANAYSIS SYSTEM) DAN ANTROPOMETRI (STUDI KASUS: SD MUHAMMADIYAH 2 LANGSA)

Safriani (2022), RE-DESIGN PERANCANGAN KURSI ERGONOMIS UNTUK ANAK-ANAK MENGGUNAKAN METODE OWAS (OVAKO WORKING ANAYSIS SYSTEM) DAN ANTROPOMETRI (STUDI KASUS: SD MUHAMMADIYAH 2 LANGSA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

SD Muhamadiyah 2 Langsa merupakan sekolah swasta yang berada di jalan Malikul Shaleh, desa Meutia, kecamatan Langsa Kota. Permasalahan yang dilihat dari penelitian ini, sekolah menyediakan kursi yang kurang nyaman untuk siswa kelas 1, 2, dan 3, dikarenakan ukuran kursi yang tinggi dan besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengusulkan rancangan ulang kursi sekolah agar dapat memberikan posisi duduk yang aman dan nyaman. Metode yang digunakan dalam penetian ini menggunakan metode OWAS dan Antropometri, yaitu metode yang berhubungan dengan dimensi tubuh manusia, dan dibagi menjadi kelompok statistika untuk mengetahui hasil perancangan produk, dengan tujuan mencari ukuran yang sesuai dengan penggunanya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perbandingan ukuran kursi awal dan usulan rancangan kursi yang dibuat lebih kecil dari kursi yang tersedia sebelumnya, dengan menggunakan persentile 5, dan 95 dideroleh Tinggi Poplitel = 35,31cm sebagai tinggi dari lantai ketempat dudukan kursi, Lebar Pinggul = 35,88cm untuk lebar dudukan kursi, Lebar Bahu = 38,12 sebagai tempat sandaran kursi, Tinggi Badan Duduk = 49,18 untuk tinggi tempat senderan kursi, Pantat Ke Lutut = 35,74 untuk panjang alas duduk kursi yang digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa metode OWAS dan Antropometri dapat memberikan usulan rancangan kursi ergonomis agar sesuai dengan dimensi tubuh sehingga aman digunakan.

Kata kunci : Antropometri, Dimensi Tubuh, ENASE, Kursi, OWAS, Perancangan.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Safriani
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2022)
Tanggal disimpan : 01-11-2021 07:56
Terakhir diubah : 24-08-2022 18:16
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1845
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!