PEMANFATAN OBAT TRADISIONAL OLEH IBU-IBU PASCA PERSALINAN DI DESA PERKEBUNAN MARYKE KECAMATAN KUTAMBARU KABUPATEN LANGKAT PROVINSI SUMATERA UTARA

Mahliza Ulfa Khairani Lubis (2021), PEMANFATAN OBAT TRADISIONAL OLEH IBU-IBU PASCA PERSALINAN DI DESA PERKEBUNAN MARYKE KECAMATAN KUTAMBARU KABUPATEN LANGKAT PROVINSI SUMATERA UTARA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pengobatan tradisional merupakan suatu upaya kesehatan dengan cara yang berbeda-beda dengan ilmu kedokteran berakar pada tradisi yang berasal dari leluhur. Usaha pengobatan tradisional merupakan tingkah laku individu yang ditunjukkan untuk menjadikan orang sakit supaya sehat atau orang sehat menjadi tetap sehat. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan obat tradisional dan mengetahui jenis tanaman apa saja yang di jadikan obat tradisional oleh ibu-ibu pasca persalinan di Desa Perkebunan Maryke Kecamatan Kutambaru Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melakukan pengamatan secara langsung (observasi), wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan ada 20 jenis tumbuhan yang berkhasiat obat tradisional pasca persalinan digunakan masyarakat Maryke. Nama obat yang di manfaatkan sebagai obat tradisional pasca persalinan menggunakan pilis, parem perut, parem badan, pembersih kelamin, dan jamu. Ada variasi jawaban seluruh responden sebanyak 14.6% menjawab sangat sering, 57.6% menjawab sering, 5.8% menjawab kadang-kadang, 20% menjawab tidak pernah, dan 2% menjawab sangat tidak pernah. Nilai jumlah rata-rata responden sering menggunakan tanaman pemanfaatan obat tradisional oleh ibu-ibu pasca persalinan di Desa Perkebunan Maryke Kecamatan Kutambaru Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2020 dengan persentase sebesar 78%. Hal ini sesuai dengan pernyataan Riduwan (2010: 89) yang menyatakan bahwa kriteria skor angket yang bernilai 61-80% adalah pemanfaatan obat tradisional oleh ibu-ibu pasca persalinan kuat/baik.

Kata kunci : Obat, Tradisional, Pasca Persalinan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mahliza Ulfa Khairani Lubis
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 25-10-2021 19:39
Terakhir diubah : 17-11-2021 11:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1806
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!