PENGARUH MODEL MIND MAPPING DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE IMINDMAP TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Dinda Mutiara (2021), PENGARUH MODEL MIND MAPPING DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE IMINDMAP TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif merupakan aspek yang penting dalam pembelajaran matematika. Guru harus pandai memilih model dan media pembelajaran yang inovatif untuk diterapkan, dengan tujuan agar siswa dapat dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. 


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model mind mapping dengan menggunakan software imindmap terhadap kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian dijalankan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Langsa sedangkan sampelnya adalah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji t-test


Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh −t(1- ½α) < t < t(1- ½α) atau −2,013 < 8,145 < 2,013 yang artinya thitung berada pada daerah penolakan H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model mind mapping dengan menggunakan software imindmap terhadap kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis siswa.

Kata kunci : Model Mind Mapping, Software Imindmap, Kemampuan Pemahaman konsep, Kemampuan Berpikir Kreatif

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dinda Mutiara
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 22-10-2021 11:18
Terakhir diubah : 17-11-2021 21:56
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1787
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!