ANALISIS NILAI KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM BUKU SISWA KELAS TINGGI SEMESTER 1

Mia Hafizah Tumangger (2021), ANALISIS NILAI KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM BUKU SISWA KELAS TINGGI SEMESTER 1. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Peduli sosial itu ditandai dengan memiliki rasa empati dan kemauan untuk menjalin hubungan dengan sesama, semua itu terlihat dari sikap dan tindakannya apabila melihat orang lain yang mengalami kesulitan ia akan mencoba untuk membantunya guna meringankan beban orang tersebut.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter peduli sosial yang terkandung dalam buku siswa kelas tinggi semester 1.


Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Menggunakan model Zuchdi dan Afifah, yang terdiri dari, pengadaan data, pengurangan/reduksi data, inferensi dan analisis.


 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam buku siswa terdapat nilai karakter peduli sosial dengan indikator (1) Tolong menolong (2)  Tenggang rasa (3)  Aksi sosial (4) Berakhlak mulia (5) Toleransi.


 Saran dalam penelitian ini diharapkan kepada guru, sebagai pedoman dan pertimbangan dalam mempelajari buku siswa kelas tinggi semester satu untuk ditelaah yang mana yang masih kurag nilai karakter peduli sosialnya agar ditambah dengan media ataupun hal-hal yang lain yang berkaitan dengan materi sehingga memudahkan guru untuk menanam nilai karakter peduli sosial pada siswa. Kepada peneliti lain, sebagai acuan agar dapat mengimplementasikan hasil penelitian ini. Bagi pembaca, diharapkan dapat memahami dan mengerti dengan baik dan benar mengenai nilai karakter peduli sosial yang terkandung dalam buku siswa kelas tinggi semester satu.

Kata kunci : Nilai Karakter, Buku Siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mia Hafizah Tumangger
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 14-10-2021 10:48
Terakhir diubah : 15-11-2021 10:54
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1766
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!