PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KARTU ARISAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 “PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN” DI KELAS V SD NEGERI KAMPUNG BESAR KABUPATEN ACEH TAMIANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Muhammad Al Farizi (2021), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KARTU ARISAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 “PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN” DI KELAS V SD NEGERI KAMPUNG BESAR KABUPATEN ACEH TAMIANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan guru sekolah dasar adalah pendidikan awal yang harus diperhatikan. Rendahnya hasil belajar kognitif siswa menjadi suatu permasalahan untuk perkembangan pemahaman pada materi siswa kedepannya. Solusi yang diberikan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Kartu Arisan pada pelaksanaan pembelajaran di kelas.


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar kognitif siswa Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan di kelas V SD Negeri Kampung Besar dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang, yakni 9 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswi perempuan.


Penelitian ini dilakukan dengan berkolaborasi, menggunakan PTK model Kemis dan Mc. Taggart, terdiri atas 2 siklus, dan untuk pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu lembar soal pilihan ganda, serta dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.


Dari data hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri Kampung Besar dengan kondisi awal prapenelitian ketuntasan hasil belajar kognitif siswa sebesar 52%. Siklus I meningkat menjadi 62%, nilai rata-rata 70%, kategori pelaksanaan pembelajaran berkualitas. Siklus II meningkat menjadi 82%, nilai rata-rata 75%, kategori pelaksanaan pembelajaran sangat berkualitas. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kartu arisan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri Kampung Besar.


Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru SD Negeri Kampung Besar dapat menerapkan Model Pembelajaran Kartu Arisan secara berkelanjutan dalam pembelajaran dikelas-kelas lainnya untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Bagi siswa diharapkan lebih memiliki sikap percaya diri, lebih berani dan aktif serta termotivasi dalam proses pembelajaran pada setiap tema seperti pada model pembelajaran kooperatif yang penulis terapkan, karena hasilnya sangat baik dan positif. Bagi peneliti lainnya diharapkan agar dapat menerapkan model-model pembelajaran lainnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


 


 


 


 


 


 


 

Kata kunci : Model Pembelajaran Kartu Arisan, Hasil Belajar Kognitif

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad Al Farizi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 01-10-2021 12:08
Terakhir diubah : 04-10-2021 16:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1709
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!