POTENSI SEED BANK HUTAN TAKA LAE DI DESA MBINALUN PASCA KERUSAKAN AKIBAT PEMBUKAAN PERKEBUNAN GAMBIR (UNCARIA GAMBIR ROXB) OLEH MASYARAKAT DI KABUPATEN PAKPAK BHARAT SEBAGAI UPAYA RESTORASI LAHAN TERBUKA

Marniati solin (2021), POTENSI SEED BANK HUTAN TAKA LAE DI DESA MBINALUN PASCA KERUSAKAN AKIBAT PEMBUKAAN PERKEBUNAN GAMBIR (UNCARIA GAMBIR ROXB) OLEH MASYARAKAT DI KABUPATEN PAKPAK BHARAT SEBAGAI UPAYA RESTORASI LAHAN TERBUKA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui komposisi jenis tumbuhan pada kawasan hutan Taka Lae di Desa Mbinalun pasca kerusakan akibat pembukaaan perkebunan gambir oleh masyarakat di Kabupaten Pakpak Bharat sebagai upaya restorasi lahan terbuka. Untuk mengetahui perkecambahan biji berdasarkan dengan kedalaman tanah. Pengambilan sampel tanah diambil secara random sebanyak 5 kali ulangan dengan menggunakan kotak besi yang berukuran 25 x 25 cm dengan kedalaman: (i) 0-5 cm, (ii) 5-10 cm, (iii) 10-15 cm. Cara pengambilan sampel tanah dengan cara menancapkan bak besi yang berukuran 25 x 25 cm yang sudah memiliki ukuran. Setelah sampel tanah sudah diambil dengan menggunakan cangkul kemudian dimasukkan kedalam plastik dengan diberikannya label berdasarkan kondisi hutan dan kerapatan tanamannya. Dari hasil penelitian ditemukan 34 jenis golongan tumbuhan, terdapat 29 jenis tumbuhan bawah dan 5 jenis pohon dengan jumlah individu secara keseluruhan adalah 1.988 individu. Jenis tumbuhan yang berkecambah adalah : Ageratum conyzoides L, Aglaonema widuri, Aquilaria malaccensis L, Amaranthus spinosus, Bidens pilosa L, Centella asiatica L, Trichogiottis biglandulosa (Blume), Colocasia esculenta L, Crassocephalum crepidioides (Benth), Cyanthillium cinereum L, Cyperus melanosporum, Cyperus rotundus L, Etlingera elatior (Jack), Euphorbia hirta L, Homalanthus populneus (Giesel.), Hibiscus tiliaceus L, Hippobroma longiflora L, Macaranga mauritiana (Bojer ex Baill.), Macaranga trichocarpa (Zoll.), Melastoma malabathicum L, Mikania micrantha (Kunth.), Muntingia calabura L., Nephrolepis sp, Peperomia sp, Axonopus compressus, Phyllanthus ninuri L.,  Phyllanthus urinaria L, Piper aduncum L, Piper betle L, Selaginella sp, Stachytarpheta jamaicensis L, Syzygium myrtiFolium, Tibouchina urvilleana, Uncaria gambir Roxb. Jenis biji yang berkecambah di kedalaman 0-5 cm sebanya 1.221 individu, pada kedalaman 5-10 cm sebanyak 542 individu, dan di kedalaman 10-15 cm sebanyak 225 individu.

Kata kunci : Seed Bank, Restorasi Lahan Terbuka, Hutan Taka Lae, Pasca Kerusakan, Perkebunan Gambir (Uncaria Gambir Roxb).

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Marniati solin
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 22-09-2021 11:03
Terakhir diubah : 22-09-2021 14:36
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1671
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!