PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH AIR TAHU DAN LIMBAH LIMBAH AIR CUCIAN BERAS TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN PAKCOY (BRASSICA RAPA L).

Nora safitri (2021), PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH AIR TAHU DAN LIMBAH LIMBAH AIR CUCIAN BERAS TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN PAKCOY (BRASSICA RAPA L). . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian limbah air tahu dan limbah air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L). Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pegumpulan data dan dokumentasi. Rancangan percobaan penelitian ini dengan menggunakan sistem RAL (Rancangan Acak Lengkap), penelitian ini dilakukan di desa Birem Rayeuk, Kec. Birem Bayeun, Kab. Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan 5 perlakuan dan 4 pengulangan yang terdiri dari (Po = Kontol, P1= 30% perlakuan, P2= 60% perlakuan, P3= 80% perlakuan, P4 = 100% perlakuan). Data hasil penelitian ini di uji dengan ANOVA dan akan diuji lanjut dengan BNJ. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian limbah air tahu dan limbah air cucian beras sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica Rapa L), dengan perlakuan P4 kosentrasi 100% menuunjukkan bahwa P4 merupakan perlakuan yang paling baik terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L). Dibuktikan dengan tinggi tanaman rata-rata 71,775 cm jumlah daun rata-rata 50,85 berat basah rata-rata 94 gram sehingga dapat diketahui perbedaan yang signifikan terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L).

Kata kunci : Limbah Air Cucian Beras, Limbah Air Tahu, tumbuhan Pakcoy (Brassica rapa L).

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nora safitri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 20-09-2021 19:30
Terakhir diubah : 17-11-2021 23:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1654
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!