INTESITAS SERANGAN LALAT BUAH (BACTROCERA SP) DAN KEHILANGAN HASIL PADA JERUK MANIS (CITRUS SINENSIS L) DI DESA JAMBO LABU KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR

M. Zamo Rano (2021), INTESITAS SERANGAN LALAT BUAH (BACTROCERA SP) DAN KEHILANGAN HASIL PADA JERUK MANIS (CITRUS SINENSIS L) DI DESA JAMBO LABU KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

M. Zamo Rano. “Intesitas Serangan Lalat Buah (Bactrocera sp) dan Kehilangan Hasil Pada Jeruk Manis (Citrus sinensis L) di Desa Jambo Labu Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur”  dibimbing oleh Ibu Cut Mulyani, M.P sebagai Pembimbing Utama dan Ibu Yenni Marnita, S.P.,M.Psebagai Pembimbing Anggota


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui intensitas serangan hama lalat buah (Bactrocera sp) yang menyerang tanaman jeruk dan kehilangan hasil tanaman jeruk manis (Citrus sinensis L)di Desa Jambo Labu Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur dan sebagai pertimbangan dalam upaya mencegah meluasnya serangan hama lalat buah Desa Jambo Labu.


Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Jambo Labu,Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur selama 1 bulan, yang dimulai dari bulan September sampai dengan Oktober 2020.


Penelitian ini menggunakan metode survei, untuk penentuan lokasi penelitian dilakukan secara “purposive” yaitu salah satu teknik pengambilan sampel secara sengaja.


Data yang dikumpulkan berupa data primer hasil pengamatan langsung dilapangan dan wawancara terhadap petani dan data sekunder. Secara garis besar penelitian dilakukandengan pengambilan buah terserang dilakukan setiap minggu untuk mengetahui kerugian dalam bentuk persen yang dilakukan dengan mengumpulkan dan menghitung buah jeruk yang jatuh diakibatkan serangan lalat buah.


Hasil penelitian di dapatkan bahwa persentase serangan hama Persentase serangan lalat buah masih sangat rendah sebesar 3, 015% dimana persentase serangan tertinggi pada pengamatan pertama yaitu 4, 87%.Rata-rata intensitas serangan lalat buah pada pengamatan sebesar 2, 44%.  Intensitas serangan lalat buah pada keempat pengamatan dalam kategori serangan ringan. Serangan ringan disebabkan adanya sanitasi kebun yang baik, iklim yang mendukung, populasi lalat buah yang rendah, serta vegetasi tumbuh tanaman jeruk yang tidak mendukung perkembangan lalat buah.Besarnya kehilangan hasil kakao pada kecamatan darul ihsan dengan regresi Y =  19, 963 - 0,0187X, dimana pada saat intensitas naik 1% maka akan terjadi kehilangan hasil sebanyak 0,0187 kg/ha.

Kata kunci : lalat buah, intensitas, dan jeruk manis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : M. Zamo Rano
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2021)
Tanggal disimpan : 16-09-2021 15:36
Terakhir diubah : 16-09-2021 11:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1643
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!