ANALISIS KESADARAN MASYARAKAT DESA SUNGAI BUAYA DALAM PENGELOLAAN DAS BUAYA KECAMATAN SILINDA KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

MELVA EMELIA GINTING (2021), ANALISIS KESADARAN MASYARAKAT DESA SUNGAI BUAYA DALAM PENGELOLAAN DAS BUAYA KECAMATAN SILINDA KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Daerah Aliran sungai (DAS) merupakan sumber daya alam yang bersifat common pool resource yang ditentukan oleh hubungan hidrologi dimana pengelolaan yang optimal memerlukan koordinasi dalam penggunaan sumber daya oleh semua pengguna.  Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah suatu proses formulasi dan implementasi kegiatan atau program yang bersifat manipulasi sumber daya alam dan manusia yang terdapat di daerah aliran sungai untuk memperoleh manfaat produksi dan jasa tanpa menyebabkan terjadinya kerusakan sumber daya air dan tanah. Kerusakan lingkungan banyak terjadi di dalam kehidupan sehari-hari baik dari sikap maupun perilaku manusia. Yang terjadi seperti mengunduli hutan, membuang sampah sembarangan, membuang limbah ke sungai, dan memanfaatkan lahan sebagai tempat pembangunan dan pertanian. Dari hal tersebut masyarakat harus sadar atas dampak yang dilakukan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran masyarakat desa sungai buaya dalam pengelolaan DAS buaya. Populasi penelitian ini seluruh masyarakat desa sungai buya, kemudian sampel yang diambil hanya berjumlah 93 responden/masyarakat. Tenik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, statistik deskriptif, dan uji regresi berganda dengan versi software SPSS 25 nilai signifikansi (0.05).


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat Desa Sungai Buya dalam pengelolaan DAS memiliki nilai rata-rata 64.99 %. Nilai tersebut dilihat dari indikator pengetahuan masyarakat yang memperoleh nilai 66.88 % yang berkategori baik, sikap masyarakat memperoleh nilai 64.58 % yang berkategori cukup dan perilaku masyarakat memperoleh nilai 63.50 % yang berkategori cukup. Dari ketiga indikator tersebut kesadaran masyarakat Desa Sungai Buaya yang cukup, masyarakat kurang peduli mengelola lingkungan DAS buaya. Dan Berdasarkan hasil uji regresi berganda dengan melakukan uji t dan uji f menunjukkan pengetahuan bahwa pengetahuan berpengaruh terhadap perilaku, sikap tidak berpengaruh terhadap perilaku, dan Pengetahuan dan sikap secara simultan berpengaruh terhadap perilaku. Dan memperoleh nilai R Square sebesar 0.118 atau hanya berkontribusi hanya 11,8 % dalam pengelolaan DAS buaya sedangkan sisanya 88.2 % dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diukur dalam penelitian ini.

Kata kunci : Kesadaran Masyarakat, Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Dan Masyarakat Desa Sungai Buaya

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MELVA EMELIA GINTING
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2021)
Tanggal disimpan : 15-09-2021 12:10
Terakhir diubah : 16-09-2021 00:56
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1639
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!