PENGGUNAAN GEOGEBRA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI SMP NEGERI 1 LANGSA

Abuzar Alqi Fahri (2021), PENGGUNAAN GEOGEBRA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI SMP NEGERI 1 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena bahwa masih banyak hasil belajar matematika siswa yang rendah, khususnya pada materi persamaan garis lurus. Hal ini dikarenakan pada saat pembelajaran matematika guru tidak menggunakan media maupun model sebagai pendukung proses pembelajaran, sehingga siswa sulit untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru secara abstrak.


            Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan geogebra memalui model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus di SMP Negeri 1 Langsa. Serta untuk memperbaiki proses pembelajaran dan sebai referensi pendidik untuk proses pembelajaran.


            Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah populasi yaitu 115 siswa berasal dari kelas VIII SMP Negeri 1 Langsa dan jumlah sampel yaitu 22 siswa berasal dari kelas VIIID. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.


Berdasarkan hasil analisis dan uji statistik serta pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Geogebra melalui model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan hasil uji hipotesis diperoleh t(hitung) > t(tabel)  dimana nilai  thitung = 9,67 > ttabel = 2,0796 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi kenyataannya thitung > ttabel, maka H0 : thitung ≤ ttabel ditolak dan Ha : thitung > ttabel diterima,  artinya hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan Geogebra melalui model Picture and Picture.


            Saran penulis kepada guru disekolah sebaiknya menggunakan geogebra dan model picture and picture guna untuk membantu siswa lebih memahami materi matematika yang abstrak sertamampu membuat hasil belajar siswa meningkat.

Kata kunci : Geogebra, Model picture and picture, Hasil belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Abuzar Alqi Fahri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 15-09-2021 11:55
Terakhir diubah : 16-09-2021 16:28
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1638
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!