EVALUASI KERAGAMAN GENETIK PADI GOGO POPULASI F3 PERSILANGAN ANTARA SILESO X CIHERANG

Mhd malfi elbana hasibuan (2021), EVALUASI KERAGAMAN GENETIK PADI GOGO POPULASI F3 PERSILANGAN ANTARA SILESO X CIHERANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah padi gogo populasi F3 persilangan antara sileso X ciherang mampu menghasilkan tanaman dengan umur genjah, produksi tinggi dan tahan cekaman kekeringan. Kemudian didapatinya heritabilitas yang tinggi populasi F3 hasil persilangan antara sileso (tetua berproduksi tinggi tahan kekeringan) X ciherang (tetua berumur genjah)


Penelitian ini dilaksanakan di Lahan Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Samudra dengan ketinggian tempat ± 10 m dpl. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai bulan Desember 2020. Penelitian menggunakan rancangan acak kelompok non faktorial dengan 3 ulangan. Faktor yang diamati adalah keragaman F3 dari 15 famili hasil persilangan varietas Ciherang dengan 5 kultivar lokal Sileso.


Parameter yang di amati meliputi Tinggi tanaman (cm), Jumlah anakan (Batang), Jumlah anakan produktif (Batang), Umur keluar malai (hari), Umur panen (hari), Panjang malai (cm), Jumlah bulir/malai, perbandingan gabah berisi dengan gabah hampa (%), Berat gabah per- rumpun.


Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 15 famili benih padi F3 yang telah diseleksi dari generasi F2 hasil persilangan antara 5 aksesi kultivar sileso dengan ciherang berpengaruh sangat nyata pada umur keluar malai, umur panen, jumlah gabah permalai, berat gabah per- rumpun. Namun tidak berbeda nyata dengan tinggi tanaman, jumlah anakan, Jumlah anakan produktif batang, Panjang malai, persentase gabah berisi dan gabah hampa.


Nilai variabilitas genotipe yang luas dan nilai heritabilitas yang tinggi pada karakter umur keluar malai, umur panen, jumlah gabah/malai dan berat gabah/rumpun. Menunjukkan bahwa seleksi efektif dilakukan pada karakter tersebut.

Kata kunci : Karakter Genetik, Heritabilitas, Padi Gogo

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mhd malfi elbana hasibuan
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2021)
Tanggal disimpan : 15-09-2021 10:51
Terakhir diubah : 17-09-2021 00:22
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1636
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!