EVALUASI SISTEM DRAINASE TERHADAP GENANGAN AIR DI RUAS JL. TEUKU NYAK ARIEF, JL. WR SUPRATMAN DAN JL. TEUKU UMAR KOTA LANGSA

Silsilia (2021), EVALUASI SISTEM DRAINASE TERHADAP GENANGAN AIR DI RUAS JL. TEUKU NYAK ARIEF, JL. WR SUPRATMAN DAN JL. TEUKU UMAR KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dalam penelitian ini dapat dilihat pada kondisi dilapangan dimana pada musim penghujan di sejumlah ruas jalan sering tergenangan yang dapat menghambat aktivitas masyarakat, selain disebabkan oleh tingginya curah hujan juga karena dimensi drainase yang berkurang akibat sedimen yang mengendap pada dasar drainase tersebut yang mengakibatkan berfungsi darinase tersebut tidak sesuai dengan kapasitas rencana awal drainase.Pada tahapan analisis data ini merupakan salah satu proses untuk mendapatkan suatu pengetahuan yang dihadapi, yang dilakukan secara sistematis dan logis. Dengan menghitung kala ulang hujan rencana 10 tahun, mencari Qsaluran dan Qrencana, berdasarkan hasil evaluasi didapat selisih antara debit banjir rencana (Qr) dan debit saluran eksisting (Qs) pada ruas jalan Teuku Nyak Arief, jalan WR Supratman dan jalan Teuku Umar hampir semua tidak memenuhi syarat, dikarenakan debit banjir rencana (Qr) lebih besar dari debit saluran eksisting (Qs), dengan nilai perbandingan Qr 3,832 m^3/det dan Qs 0,162 m^3/det, sehingga saluran drainase tidak aman (meluap) dan terdapat genangan pada permukaan jalan.

Kata kunci : Genangan, Drainase, Debit Saluran, Debit Rencana Banjir

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Silsilia
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2021)
Tanggal disimpan : 14-09-2021 16:51
Terakhir diubah : 16-09-2021 21:31
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1633
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!