EFISIENSI PEMASARAN KACANG PANJANG (Vigna Sinensis, L) DI KECAMATAN MANYAK PAYED ACEH TAMIANG

KIKI YASRIKA (2018), EFISIENSI PEMASARAN KACANG PANJANG (Vigna Sinensis, L) DI KECAMATAN MANYAK PAYED ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk mengetahui pola saluran, biaya pemasaran, margin
pemasaran dan farmer share serta efisiensi pemasaran pada pemasaran kacang
panjang di Kecamatan Manyak Payed. Penelitian ini menggunakan metode survei. Lokasi penelitian dilakukan diKecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang. Penentuan desa sampel
dilakukan secara purposive (sengaja). Objek penelitian adalah petani dan lembaga
pemasaran pemasaran kacang panjang. Ruang lingkup penelitian ini adalah
saluran, biaya, margin, farmer’s share dan efisiensi pemasaran kacang panjang.
Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Oktober sampai Nopember 2017.
Pengambilan petani sampel dilakukan secara simple random sampling
(acak sederhana). Jumlah petani sampel sebanyak 35 orang terdiri dari 13 orang di
Desa Benteng Anyer, 9 orang di Desa Matang Ara Jawa, 8 orang di Desa Lhung
Manyo dan 5 orang di Desa Ie Bintah. Sampel lembaga pemasaran sebanyak 18
orang terdiri dari 6 orang pedagang pengumpul desa, 4 orang pedagang
pengumpul kecamatan, dan 8 orang pedagang pengecer.
Hasil penelitian karakteristik petani kacang panjang sampel yaitu: umur
rata-rata petani sampel adalah 39,06 tahun, tingkat pendidikan rata-rata adalah
9,43 tahun, rata-rata pengalaman berusahatani 7,83 tahun dan jumlah tanggungan
keluarga petani rata-rata 5 orang. Karakteristik pedagang kacang panjang umur
rata-rata pedagang sampel adalah 39,94 tahun, tingkat pendidikan rata-rata adalah
10,33 tahun (SMP), rata-rata pengalaman berdagang 8,78 tahun dan jumlah
tanggungan keluarga pedagang rata-rata 4 orang. Saluran pemasaran kacang panjang di Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang terdiri 3 (tiga) tipe saluran pemasaran. Rata-rata total
biaya pemasaran kacang panjang di Kecamatan Manyak Payed pada saluran 1
sebesar Rp 1.575,63//Kg, saluran 2 sebesar Rp 1.281,82/Kg dan saluran 3 sebesar
Rp 585,63/Kg. Rata-rata margin pemasaran kacang panjang di Kecamatan
Manyak Payed pada saluran 1 sebesar Rp 3.462,50-/Kg, saluran 2 sebesar Rp
2.250,00-/Kg dan margin pemasaran saluran 3 sebesar Rp 1.425,00-/Kg. Pada
saluran 1 pedagang pengumpul desa menerima net share margin (keuntungan
bersih) paling besar sebesar Rp.806,25/Kg sedangkan saluran 2 dan 3 pedagang
pengecer menerima keuntungan bersih paling besar sebesar Rp.536,36/Kg dan Rp.
839,38/Kg. Rata-rata Farmer Share pemasaran kacang panjang di Kecamatan
Manyak Payed rata-rata sebesar 61,51%. Farmer Share pemasaran pada saluran 1
sebesar 49,86% (tidak efisien), saluran 2 sebesar 66,08% (efisien) dan saluran 3
sebesar 78,55% (efisien). Dari sisi Farmer Share saluran 3 paling efisien. Ratarata efisiensi pemasaran kacang panjang di Kecamatan Manyak Payed rata-rata sebesar 18,57% (efisien karena < 50%). Efisiensi pemasaran pada saluran 1 sebesar 22,85% (efisien) dan saluran 2 sebesar 19,42% (lebih efisien) sedangkan
efisien pemasaran saluran 3 sebesar 8,84% (paling efisien).

Kata kunci : -
File
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : KIKI YASRIKA
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2018)
Pembimbing : (1). Ir Hanisah, MP (2). Siti Balqies Indra, SP, MP
Tanggal disimpan : 19-02-2019 11:33
Terakhir diubah : 19-02-2019 11:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=162