STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MINYAK KELAPA (VIRGIN COCONUT OIL) PADA UD. DEFASCO DI DESA GEUDUBANG JAWA KECAMATAN LANGSA BARO KOTA LANGSA

Devira Ariyan Brigita (2021), STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MINYAK KELAPA (VIRGIN COCONUT OIL) PADA UD. DEFASCO DI DESA GEUDUBANG JAWA KECAMATAN LANGSA BARO KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menentukan prioritas strategi yang harus dilakukan untuk pengembangan usaha minyak kelapa murni (Virgin coconut oil) UD. Defasco di Desa Geudubang Jawa Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa. Lokasi penelitian di tentukan dengan cara metode survei. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling.  Data yang digunakan dalam menyusun penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha berdasarkan matriks SWOT  mendapatkan 4 alternatif strategi yaitu Strategi SO, Strategi ST, Strategi WO, dan Strategi WT. Sedangkan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha minyak kelapa murni UD. Defasco berdasarkan analisis QSPM didapatkan hasil mencoba memanfaatkan digital marketing untuk meningkatkan pemasaran produk dengan berbagai media promosi yang modern untuk menjangkau akses pasar yang lebih luas dan menyediakan jasa pesan-antar (delivery). Saran dalam penelitian ini yaitu UD. Defasco mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produknya, melakukan pelayananan yang baik terhadap customer agar UD. Defasco, mengembangkan akses pasar agar penjualan produk meningkat dengan memanfaatkan faktor peluang yang ada.

Kata kunci : Analisis SWOT, Minyak Kelapa Murni, Strategi, UD. Defasco

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Devira Ariyan Brigita
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2021)
Tanggal disimpan : 07-09-2021 10:54
Terakhir diubah : 09-09-2021 01:29
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1610
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!