PENGARUH BEBERAPA JENIS DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG HIJAU (VIGNA RADIATA L.)

Hendra Haryono Siahaan (2021), PENGARUH BEBERAPA JENIS DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG HIJAU (VIGNA RADIATA L.) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Hendra Haryono Siahaan . “Pengaruh BeberapaJenisdan Konsentrasi Pupuk Organik Cair terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata L.)” dibimbing oleh Ibu Ir. Rosmaiti, M.P sebagai Pembimbing Utama dan Bapak Syamsul Bahri, S.P, M.P sebagai Pembimbing Anggota


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh beberapa jenis dan konsentrasi pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hijau. Selain itu untuk mengetahui interaksi antara jenis dan konsentrasi pupuk organik cair.


Penelitian ini telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakutas Pertanian Universitas Samudra selama 3 bulan, yang dimulai dari bulan November 2020 sampai Januari 2021.


Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan  2 faktor perlakuan yaitu faktor pupuk organik cair (P), terdiri dari 3 taraf,  yaitu: P1 : POC Nasa, P2 : POC GDM, P3 : POC Hantu dan faktor konsentrasi (K),terdiri dari 3 taraf, yaitu K1 : 0,5 ml/liter air, K2 : 1 ml/liter air, K3 :  1,5 ml/liter air


Parameter yang di amati daam penelitian ini adalah : tinggi tanaman (cm), diameter batang (cm), jumlah cabang produktif (cabang), jumlah polong (polong), bobot 100 butir biji (gr), bobot kering per plot (gr)


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair berpengaruh nyata pada tinggi tanaman (pada umur 40 HST), diameter batang (pada umur 40 HST), jumlah cabang, bobot 100 butir biji dan bobot per plot dengan hasil terbaik diperoleh pada perlakuan P1 (pupuk organik cair Nasa).


Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan beberapa konsentrasi berpengaruh nyata pada tinggi tanaman, diameter batang dan jumlah polong dengan hasil terbaik diperoleh pada perlakuan K2 (1 ml/liter air). Interaksi perlakuan jenis pupuk organik cair dan beberapa konsentrasi pupuk organik cair tidak berpengaruh pada semua pengamatan.

Kata kunci : Jenis POC, Konsentrasi POC, Kacang Hijau

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Hendra Haryono Siahaan
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2021)
Tanggal disimpan : 01-09-2021 21:50
Terakhir diubah : 02-09-2021 01:18
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1597
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!