ANALISIS KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA IKAN LELE (CLARIAP SP) STUDI KASUS PADA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN TANAH BERONGGA DI DESA KEBUN TANJUNG SEUMANTOH KECAMATAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG

RIZA SATRIA BATUBARA (2021), ANALISIS KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA IKAN LELE (CLARIAP SP) STUDI KASUS PADA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN TANAH BERONGGA DI DESA KEBUN TANJUNG SEUMANTOH KECAMATAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan usaha budidaya ikan lele pada Kelompok Tanah Berongga di Desa Kebun Tanjung Seumantoh Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dan dilakukan pada usaha budidaya ikan lele Pokdakan Tanah Berongga yang terletak di Desa Kebun Tanjung Seumantoh. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh. Sampling Jenuh merupakan teknik penentuan sampel dengan menjadikan semua anggota populasi menjadi sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok pembudidaya ikan lele Tanah Berongga yang terletak di Desa Kebun Tanjung Seumantoh Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Terdapat dua metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan usaha budidaya ikan lele Tanah Berongga ini yaitu analisis pendapatan dan analisis Kelayakan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan dari Software Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis kelayakan untuk tiga kriteria penilaian yaitu R/C Ratio sebesar 2,35, B/C Ratio sebesar 1,35, dan BEP Produksi sebanyak 2.231 Kg serta BEP Harga sebesar Rp. 6.800. Maka dapat disimpulkan bahwa usaha budidaya ikan lele kelompok Tanah Berongga di Desa Kebun Tanjung Seumantoh Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang layak untuk diteruskan karena menghasilkan keuntungan.

Kata kunci : Analisis Kelayakan, Pendapatan, Budidaya dan Ikan Lele

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RIZA SATRIA BATUBARA
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2021)
Tanggal disimpan : 30-08-2021 11:11
Terakhir diubah : 30-08-2021 21:20
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1595
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!