EFEKTIVITAS PENGGUNAAN EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) SEBAGAI PENGENDALIAN INFESTASI ARGULUS SP. PADA IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO)

Khoiriah harahap (2021), EFEKTIVITAS PENGGUNAAN EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) SEBAGAI PENGENDALIAN INFESTASI ARGULUS SP. PADA IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan koi merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Masalah utama dalam budidaya ikan hias hingga saat ini salah satunya adalah penyakit. Penyakit yang sering menyerang ikan koi adalah parasitik oleh Argulus sp. salah satu pengendalian ektoparasit yang aman yaitu dengan memakai perasan daun pepaya.Kandungan pada daun pepaya salah satunya adalah karpain alkaloid. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa efektivitas ekstrak daun pepaya (Carica papaya L.) sebagai pengendali infestasi Argulus sp. pada ikan koi (Cyprinus carpio) dan menganalisa konsentrasi ekstrak daun pepaya (Carica papaya L.) yang tepat untuk pelepasan Argulus sp. pada tubuh ikan koi (Cyprinus carpio). Metode yang digunakan adalah laboratorium eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang di lakukan adalah P1 ( 8 ml), P2 (10 ml), P3 ( 12 ml), P4 (14 ml) dengan tiga ulangan. Selain itu dilakukan pengukuran parameter kualitas air seperti suhu, pH, dan DO, sebagai data pendukung peneitian. Analisis data dengan menggunakan Uji ANOVA (Analysis of Variance), jika ada perbedaan antar perlakuan, dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil uji ANOVA menunjukkan perendaman ekstrak daun pepaya berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap waktu pelepasan Argulus sp., waktu kematian Argulus sp., mortalitas Argulus sp., sedangkan tidak berpengaruh nyata(P<0,05) terhadap survival rate (SR). Ekstrak daun pepaya terbaik bagi pengendalian infestasi Argulus sp. pada ikan koi yaitu pada perlakuan P4 (14 ml) dengan waktu rata-rata kematian 8 menit 90 detik.

Kata kunci : Ekstrak daun pepaya, Ikan koi, Argulus sp., infestasi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Khoiriah harahap
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Budidaya Perairan (2021)
Tanggal disimpan : 26-08-2021 17:47
Terakhir diubah : 26-08-2021 23:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1589
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!