ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L) STUDI KASUS : USAHATANI MILIK BAPAK THALEB DI DESA PAYA MEULIGO KECAMATAN PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR

Edwin Naratoniro (2021), ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L) STUDI KASUS : USAHATANI MILIK BAPAK THALEB DI DESA PAYA MEULIGO KECAMATAN PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kelayakan Usahatani Cabai Merah (Capsicum Annum L.) Milik Bapak Thaleb di Desa Paya Meuligo Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode kuantitatif dengan studi kasus (Studi Kasus) dimana sampel dikumpulkan 1 orang yaitu pemilik usahatani tersebut. Untuk mengetahui apakah usahatani tersebut layak atau tidak digunakan untuk menganalisis usahatani dengan menghitung biaya produksi, menghitung penerimaan, dan menganalisis hasil kemudian menghitung hasil dengan menggunakan metode R/C Ratio dan B/C Ratio. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : biaya produksi dalam usahatani cabai merah milik Bapak Thaleb di Desa Paya Meuligo Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur sebesar Rp. 12.369.250, dan di penerimaan dalam menjalankan usahatani cabai merah ini sebesar Rp. 90.000.000 pendapatan bersih yang diterima dalam menjalankan usahatani cabai merah ini sebesar Rp. 77.630.750. Nilai R/C yang diperoleh pada usaha ini yaitu 7,3 maka dapat di simpulkan bahwa usahatani cabai merah milik Bapak Thaleb layak untuk dijalankan dan diperoleh nilai B/C Ratio sebesar 6,3 maka dengan ini juga dapat ditemukan bahwa usahatani cabai merah milik Bapak Thaleb menguntungkan.

Kata kunci : Analisis Kelayakan Usaha, Usahatani, Cabai Merah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Edwin Naratoniro
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2021)
Tanggal disimpan : 25-08-2021 10:58
Terakhir diubah : 13-09-2021 01:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1584
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!