PENGARUH LAMA PERENDAMAN HORMON TIROKSIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS)

Asrovonisa Tinendung (2021), PENGARUH LAMA PERENDAMAN HORMON TIROKSIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan Depik merupakan ikan air tawar yang hidup di perairan umum, terutama di perairan umum Danau Laut Tawar. Ikan Depik merupakan ikan tangkapan utama yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Adapun tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk menguji efektivitas perendaman hormon tiroksin terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan Depik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan Desember di BBI Lukup Badak, Aceh tengah. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Yang terdiri dari 4 perlakuan 3 ulangan. Analisis Data menggunakan uji ANOVA. Apabila berpengaruh nyata maka dilanjutkan uji nyata Duncan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu lama perendaman hormon tiroksinmemberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhanbobot mutlak, panjang mutlak dan laju pertumbuhan harian benih ikan Depik dan tidak memberikan pengaruh nyata terhadap efisiensi pakan dan kelangsungan hidup benih ikan Depik. Lama waktu perendaman hormon tiroksin terbaik terhadap pertumbuhan benih ikan Depik terdapat padaperlakuan perendaman 24 jam dan paling rendah pada perlakuan perendaman 0 jam (Tanpa Perendaman ).

Kata kunci : Hormon tiroksin, Ikan Depik (Rasbora tawarensis), Kelangsungan Hidup, lama perendaman dan pertumbuhan.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Asrovonisa Tinendung
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2021)
Tanggal disimpan : 25-08-2021 10:53
Terakhir diubah : 25-08-2021 12:01
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1583
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!