PEMBUATAN DAN UJI MULSA LEMBARAN DARI BAHAN BAKU LIMBAH HASIL PERTANIAN

MILVA DWI KUSUMA (2021), PEMBUATAN DAN UJI MULSA LEMBARAN DARI BAHAN BAKU LIMBAH HASIL PERTANIAN. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Milva Dwi Kusuma. "Pembuatan dan Uji  Mulsa Lembaran dari Bahan Baku Limbah Hasil Pertanian". Penelitian ini dibawah bimbingan bapak Dr. Iswahyudi., S.P., M.Si selaku dosen pembimbing utama dan ibu Murdhiani., S.TP., M.P selaku dosen pembimbing anggota.


Penelitian ini bertujuan untuk membuat mulsa organik lembaran dari beberapa limbah hasil pertanian dan mengetahui jenis bahan terbaik untuk pembuatan mulsa organik lembaran. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Kaca Fakultas Pertanian dan Laboratorium Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Kota Langsa, Provinsi Aceh yang berlangsung pada bulan Februari sampai April 2021.


Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan empat kali ulangan dan menggunakan beberapa bahan baku yang terdiri dari ampas tebu, eceng gondok, jerami padi, klobot jagung, pelepah pisang, sabut kelapa dan tandan kosong kelapa sawit. Bahan baku yang digunakan sebanyak 600 g limbah hasil pertanian dan 6g NaOH. Parameter yang diamati dalam penelitian ini yaitu daya serap air, kadar air mulsa dan rendemen mulsa.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis bahan baku berpengaruh sangat nyata terhadap mulsa lembaran yang dihasilkan.Untuk parameter daya serap air bahan baku dari Ampas Tebu (M1) merupakan perlakuan yang terbaik. Adapun untuk parameter kadar air perlakuan terbaik didapatkan pada bahan Sabut Kelapa (M6). Adapun untuk parameter rendemen mulsa perlakuan terbaik dijumpai pada bahan limbah hasil pertanian Jerami Padi (M3).
Berdasarkan hasil penelitian, untuk menghasilkan mulsa lembaran yang terbaik, disarankan menggunakan bahan limbah hasil pertanian jerami padi (M3).

Kata kunci : Mulsa, Mulsa Organik, Pemanfaatan Limbah Hasil Pertanian

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MILVA DWI KUSUMA
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2021)
Tanggal disimpan : 24-08-2021 16:33
Terakhir diubah : 28-08-2021 03:32
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1581
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!