UJI KETAHANAN BEBERAPA VARIETAS BERAS (ORYZA SATIVA L) TERHADAP SERANGAN HAMA GUDANG CORCYRA CEPHALONICA S

Putri Asyanita (2021), UJI KETAHANAN BEBERAPA VARIETAS BERAS (ORYZA SATIVA L) TERHADAP SERANGAN HAMA GUDANG CORCYRA CEPHALONICA S . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Putri Asyanita. ”Uji Ketahanan Beberapa Varietas Beras (Oryza sativaL) Terhadap Serangan Hama Gudang Corcyra cephalonica S”. Penelitian ini dibawah bimbingan ibu Ir. Cut Mulyani., MP selaku dosen pembimbing utama dan ibu Maria Heviyanti,  SP.,M.Sc selaku dosen pembimbing anggota.


            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ketahanan beberapa varietas beras (Oryza sativa) terhadap serangan hama gudang Corcyra cephalonica. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Dasar Universitas Samudra dan Laboratorium Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Kota Langsa, Provinsi Aceh yang berlangsung pada bulan Januari sampai Maret 2021.


Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL)  non faktorial dengan  tiga kali ulangan dan menggunakan beberapa varietas beras  yang terdiri dari varietas ciherang, ramos, inpari 79, inpari 30, inpari 32 dan inpari 44. Setiap jenis varietas beras dimasukkan kedalam  toples sebanyak 250 gr, kemudian masing-masing toples yang berisi beras di investasikan hama sebanyak 20 ekor. Parameter yang diamati dalam penelitian ini yaitu persentase biji berlubang, persentase kehilangan bobot dan persentase bubuk beras.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketahanan beberapa varietas beras (Oryza sativa L) terhadap serangan hama gudang Corcyra cephalonica S berpengaruh sangat nyata terhadap persen biji berlubang, persen kehilangan bobot,persen bubuk beras dan indeks kerentanan. Pada penelitian ini dihasilkan bahwa beras yang tergolong resisten terhadap hama  C. Cephalonica yaitu varietas Ciherang terhadap pengujian persen biji berlubang, persen kehilangan bobot, persen bubuk beras dan indeks kerentanan. Sedangkan beras yang tergolong rentan terhadap hama C. Cephalonica  yaitu varietas Inpari-32  terhadap pengujian persen biji berlubang, persen kehilangan bobot, persen bubuk beras dan indeks kerentanan beras.


Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bahwa dengan hasil penelitian ini dapat memberikan referensi bagi para petani dalam pemilihan varietas untuk ditanam dengan memiliki ketahanan terhadap serangan hama gudang C. Cephalonica S varietas yang tahan terhadap serangan hama gudang C. cephalonica S adalah varietas Inpari-32.


 

Kata kunci : Beras, Kerentanan Beras, Kerusakan beras, Corcyra cephalonica

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Putri Asyanita
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2021)
Tanggal disimpan : 24-08-2021 16:10
Terakhir diubah : 25-08-2021 03:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1578
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!