EFEKTIVITAS SERBUK DAUN JERUK PURUT (CITRUS HYSTRIX) DAN SERAI WANGI (CYMBOPOGON NARDUS)TERHADAP PENGENDALIAN HAMA GUDANG BERAS CORCYRA CEPHALONICA

Nabila Seftia (2021), EFEKTIVITAS SERBUK DAUN JERUK PURUT (CITRUS HYSTRIX) DAN SERAI WANGI (CYMBOPOGON NARDUS)TERHADAP PENGENDALIAN HAMA GUDANG BERAS CORCYRA CEPHALONICA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Nabila Seftia, Efektivitas Serbuk Daun Jeruk Purut (Citrus hystrix) dan Serai Wangi (Cymbopogon nardus) Terhadap Pengendalian Hama Gudang Beras Corcyra cephalonica. Penelitian ini dibawah bimbingan Cut Mulyani sebagai pembimbing Utama dan Maria Heviyanti sebagai pembimbing anggota.


Tujuan Penelitian adalah Untuk mengetahui efektivitas serbuk daun jeruk purut (Citrus hystrix) dan serai wangi (Cymbopogon nardus) terhadap pengendalian hama gudang beras Corcyra cephalonica.


Penelitian ini  dilakukan di Laboratorium Dasar dan Laboratorium Agroteknologi Universitas Samudra pada bulan Januari sampai dengan Maret 2021. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial, yang terdiri atas 2 faktor: 1. Serbuk (S), S1 =Serbuk Daun Jeruk Purut, S2=Serbuk Serai Wangi, 2. Dosis Serbuk Daun Jeruk Purut dan Serai Wangi (D), D0 = Kontrol, D1 = 15 gram, D2 = 20 gram, D3 = 25 gram, D4 = 30 gram, D5 = 35 gram. Dengan demikian di peroleh 12 kombinasi perlakuan di ulang sebanyak 3 kali, sehingga didapat 36 satuan percobaan. Parameter yang di amati dalam peneltian ini yaitu persentase mortalitas larva, persentase pupa yang terbentuk, persentase imago yang muncul dan persentase kerusakan beras.


Hasil penelitian menunjukan perlakuan serbuk daun jeruk purut dan serai wangi berpengaruh sangat nyata terhadap persentase mortalitas larva minggu ke I dan III, akan tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap persentase mortalitas larva pada minggu ke II, pada persentase pupa yang terbentuk dan imago yang muncul berpengaruh sangat nyata, sedangkan pada persentase kerusakan beras tidak berpengaruh nyata.


Perlakuan dosis serbuk daun jeruk purut dan serai wangi berpengaruhi sangat nyata terhadap pengamatan persentase mortalitas larva minggu I, II dan III, persentase pupa yang terbentuk, persentase imago yang muncul dan persentase kerusakan beras.


Interaksi dosis dan serbuk daun jeruk purut dan serai wangi berpengaruh sangat nyata pada mortalitas minggu ke I, pada mortalitas minggu ke II tidak berpengaruh nyata, sedangkan pada mortalitas minggu ke IIIberpengaruh nyata, pada persentase pupa yang terbentuk dan persentase imago yang muncul berpengaruh nyata dan pada persentase kerusakan beras berpengaruh sangat nyata.


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk pengendalian hama gudang beras C. cephalonica maka dapat diaplikasikan serbuk insektisida nabati daun jeruk purut pada dosis 35 gr.

Kata kunci : Corcyra cephalonica, Jeruk Purut, Serbuk, Serai Wangi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nabila Seftia
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2021)
Tanggal disimpan : 24-08-2021 16:10
Terakhir diubah : 25-08-2021 03:06
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1577
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!