UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN MANGKOKAN (NOTHOPANAX SCUTELLARIUM MERR.) DAN DAUN SIRIH (PIPER BETLE L.) SEBAGAI LARVASIDA NYAMUK AEDES AEGYPTI

Nurul afifah (2021), UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN MANGKOKAN (NOTHOPANAX SCUTELLARIUM MERR.) DAN DAUN SIRIH (PIPER BETLE L.) SEBAGAI LARVASIDA NYAMUK AEDES AEGYPTI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh vektor nyamuk betina Aedes aegypti. Penggunakan insektisida berbahan kimiawi dalam jangka waktu panjang dapat mengakibatkan keracunan pada manusia, hewan ternak dan polusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kombinasi ekstrak tanaman mangkokkan (Nothopanax scutellarium Merr.) dan tanaman sirih (Piper betle L.) sebagai larvasida alami nyamuk Ae. aegypti. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan konsentrasi (1%, 1.5%, 2%, 2.5%, dan 3%) serta kontrol positif menggunakan larutan abate 1% dengan 5 kali ulangan. Setiap percobaan diamati selama 6 jam sekali hingga 30 jam. Analisis data menggunakan Anova pada taraf signifikan 5% dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi ekstrak daun mangkokan dan daun sirih 3% paling efektif dalam membunuh larva nyamuk Ae. aegypti instar III dibandingkan konsentrasi 1%, 1,5%, 2% dan 2,5% dengan rerata kematian paling tinggi 19,2% mulai dari 6 jam awal perlakuan hingga kematian larva 100% dalam waktu 30 jam setelah perlakuan. Disimpulkan bahwa kombinasi ekstrak daun mangkokkan dan daun sirih dapat dijadikan larvasida alami nyamuk Ae. aegypti.

Kata kunci : Uji Efektivitas, Nothopanax scutellarium, Piper betle, Aedes aegypti

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurul afifah
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 23-08-2021 16:41
Terakhir diubah : 24-08-2021 11:05
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1560
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!