PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEER DAN SELF ASSESMENT UNTUK MENILAI KINERJA SISWA PADA PRAKTIKUM DI SMA

Afrillia Redista (2021), PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEER DAN SELF ASSESMENT UNTUK MENILAI KINERJA SISWA PADA PRAKTIKUM DI SMA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk penilaian kinerja yang berupa desain instrumen peer dan self assesment pada praktikum larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dan penelitian ini sampai pada tahap Analisis, Design, Development. Subjek pada penelitian ini adalah ahli bahasa dan materi dan uji coba skala kecil pada siswa. Hasil penelitian berupa hasil uji validasi bahasa diperoleh 71,87% dan 93,75% sedangkan hasil uji validasi materi diperoleh 76,25% dan 86%. Pada uji coba skala kecil nilai yang diperoleh adalah lembar peer assesment afektif adalah 94 lebih tinggi dibandingkan lembar peer assesment psikomotor, dan lembar self assesment afektif adalah 78 lebih tinggi dibandigkan lembar self assesment psikomotor. Pada uji coba skala kecil rata-rata skor nilai pada instrumen peer assesment afektif adalah 87,9 dan rata-rata skor nilai pada instrumen peer
assesment psikomotor adalah 84,4. Sedangkan uji coba skala kecil rata-rata skor nilai pada instrumen self assesment afektif adalah 76,8 dan uji coba skala kecil rata-rata skor nilai pada instrumen self assesment adalah 76,3. Teknik pengumpulan data berupa lembar validasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen peer dan self assesment untuk menilai kinerja siswa pada praktikum di SMA sudah valid dan dapat digunakan pada praktikum larutan penyangga.

Kata kunci : larutan penyangga, penilaian kinerja, peer assesment, self assesment.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Afrillia Redista
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2021)
Tanggal disimpan : 18-08-2021 11:11
Terakhir diubah : 24-08-2021 23:59
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1535
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!