DAMPAK PENGUKURAN ELECTROENCEPHALOGRAM (EEG) TERHADAP PSIKOLOGI MAHASISWA (STUDI KASUS : LABORATORIUM TEKNIK UNIVERSITAS SAMUDRA)

Rika Rahmaini (2021), DAMPAK PENGUKURAN ELECTROENCEPHALOGRAM (EEG) TERHADAP PSIKOLOGI MAHASISWA (STUDI KASUS : LABORATORIUM TEKNIK UNIVERSITAS SAMUDRA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Aktivitas treadmill yang dilakukan oleh mahasiswa Teknik Industri mengakibatkan kelelahan mental yang dapat dihubungkan dengan kelelahan secara psikologis yang ditinjau dari aktivitas gelombang otak. Adapun tujuan penelitian ini mengidentifikasi efektivitas gelombang otak pada saat melakukan treadmill dan mengidentifikasi pengaruh relative band power pada saat melakukan treadmill. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Electroencephalogram (EEG), uji Kolmogorov Smirnov, Uji F, dan Uji T. Hasil dan pembahasan adalah efektivitas gelombang otak pada saat melakukan treadmill dapat dilihat dari nilai uji signifikansi, yaitu untuk delta (0,226), theta (0,329), alpha (0,676), beta (0,802), dan gamma (0,620) dan untuk pengaruh relative band power pada saat melakukan treadmill dapat dilihat dari nilai Sr, dengan nilai rentang frekuensi relative dari besar ke kecil, yaitu Beta (0,12), Alpha (0,15), Delta (0,21), Theta (0,22), dan Gamma (0,27). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu nilai signifikansinya lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara efektivitas gelombang otak dengan berat badan dan jenis kelamin pada saat melakukan aktivitas treadmill dan untuk pengaruh relative band power pada saat melakukan treadmill dapat dilihat bahwa semakin besar nilai relative band power tersebut maka semakin besar pula kemampuan untuk menormalkan nilai absolute band power atau gelombang otak yang direkam oleh muse.

Kata kunci : Psikologi dan Ergonomi, Electroencephalogram (EEG).

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rika Rahmaini
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2021)
Tanggal disimpan : 12-08-2021 16:06
Terakhir diubah : 18-11-2021 11:13
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1526
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!