PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA) PADA PAKAN KOMERSIL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN PERES (OSTEOCHILLUS KAPPENI)

Nanda Putri Ranggayoni (2021), PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA) PADA PAKAN KOMERSIL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN PERES (OSTEOCHILLUS KAPPENI) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan Peres (Osteochilus kappeni) merupakan salah satu ikan dominan di Danau Laut Tawar dan Hulu Sungai Peusangan, Aceh Tengah. Namun saat ini populasinya semakin berkurang karena disebabkan oleh penangkapan yang berlebihan dan kerusakan lingkungan. Penggunaan bahan herbal seperti ekstrak kunyit menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan peres pada budidaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari pemberian ekstrak kunyit kedalam pakan dalam meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan peres dan mengetahui dosis ekstrak kunyit yang terbaik bagi pertumbuhan dan kelangsungan hidup. Benih ikan peres yang digunakan berukuran 3-5 cm. Perlakuan dosis ekstrak kunyit yang diujikan adalah 0 ml, 2 ml, 4 ml dan 6 ml. Hasil penelitian menunjukaan dosis ekstrak kunyit yang terbaik untuk bobot mutlak yaitu pada perlakuan P2 (1,332gram), tingkat kelangsungan hidup tertinggi pada perlakuan P1 (94,44 %) dan efesiensi pakan yang paling tinggi P2 (36,60%). Dan RKP tertinggi pada P1 (4,82%). Berdasarkan analisis sidik ragam diperoleh hasil bahwa perlakuan yang diberikan berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan bobot mutlak, pertumbuhan panjang mutlak, laju pertumbuhan harian, namun tidak berpengaruh pada tingkat kelangsungan hidup, rasio konversi pakan dan efesiensi pakan. Berdasarkan uji Duncan diperoleh perlakuan yang terbaik yaitu pada perlakuan P2 ( 2 ml/ kg pakan ) untuk pertumbuhan benih ikan peres (Osteochillus kappeni)

Kata kunci : Ikan Peres (Osteochillus kappeni), Kelangsungan Hidup, Ekstrak Kunyit, Pertumbuhan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nanda Putri Ranggayoni
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Budidaya Perairan (2021)
Tanggal disimpan : 04-08-2021 19:44
Terakhir diubah : 06-08-2021 00:20
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1512
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!