ANALISIS NILAI KARAKTER NASIONALIS PADA FILM DI TIMUR MATAHARI

ALICIA PUJA PUSVITA (2021), ANALISIS NILAI KARAKTER NASIONALIS PADA FILM DI TIMUR MATAHARI . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Nilai nasionalis sangatlah penting ditanamkan sejak dini dalam setiap individu, khususnya pada anak-anak. Pada saat ini masih banyak sekali anak-anak muda yang kurang memahami akan pentingnya nilai nasionalis. Seperti tidak pandai menggunakan bahasa daerah, tidak suka memakai pakaian tradisional, lebih gemar mengikuti gaya hidup bebas , dan lebih suka menonton film-film yang belum sesuai dengan umur mereka. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik meneliti tentang “Analisis Nilai Karakter Nasionalis Pada Film Di Timur Matahari”.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimanakah nilai karakter nasionalis yang terdapat pada film Di Timur Matahari.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis konten. Lokasi penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Daerah Kota Langsa. Subjek dalam penelitian ini adalah nilai nasionalis dan yang menjadi objek adalah film Di Timur Matahari. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengadaan data, reduksi data, inferensi, dan yang terakhir analisis data.


Hasil dari penelitian analisis nilai karakter nasionalis pada film di timur matahari adalah (1) menjaga budaya bangsa, (2) rela berkorban, (3) cinta tanah air, (4) menjadi pribadi yang unggul dan berprestasi, (5) taat hukum, (6) bangga menjadi warga negara Indonesia, (7) mengutamakan kepentingan umum, (8) toleransi, sedangkan hanya ada satu indikator yang tidak terdapat pada film yaitu menghargai jasa para pahlawan.


Saran yang dapat diterapkan adalah agar orang tua dan guru dapat menggunakan film sebagai sarana pembelajaran bagi anak-anak serta mampu memilih film apa yang layak ditonton sesuai dengan umur anak.

Kata kunci : Nilai Karakter Nasionalis, Film

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ALICIA PUJA PUSVITA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 04-08-2021 12:56
Terakhir diubah : 05-08-2021 00:53
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1509
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!