ANALISIS PENGARUH ALAT PEMBAYARAN MENGGUNAKAN KARTU (APMK) TERHADAP PERMINTAAN UANG TUNAI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA

Donna lady C. Sihite (2021), ANALISIS PENGARUH ALAT PEMBAYARAN MENGGUNAKAN KARTU (APMK) TERHADAP PERMINTAAN UANG TUNAI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh alat pembayaran mengunakan kartu (APMK) terhadap permintaan uang tunai dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia. Perekonomian dalam penelitian ini dihitung melalui PDB atas dasar harga konstan dan pembayaran mengunakan kartu (APMK) dalam penelitian ini direpretasikan oleh transaksi melalui kartu kredit dan kartu debet. Permintaan uang tunai yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah uang beredar dalam arti sempit (M1).Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (analysis path). Analisis jalur merupakan pengembangan dari analisis regresi berganda yang menguraikan besaran pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat secara tidak langsung.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kartu kredit berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap permintaan uang tunai dan kartu debet berpengaruh positif dan signifikan terhadap  permintaan uang tunai, kartu kredit dan kartu debet berpengaruh positif dan signifikan terhadap perekonomian, permintaan uang tunai berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa kartu kredit secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap perekonomian dengan permintaan uang tunai sebagai variabel intervening, kartu debet secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap perekonomian dengan permintaan uang tunai sebagai variabel intervening.


 


 


 

Kata kunci : PDB, Kartu Kredit, Kartu Debet , Permintaan Uang Tunai, Analisis Jalur

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Donna lady C. Sihite
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2021)
Tanggal disimpan : 04-08-2021 11:05
Terakhir diubah : 06-09-2021 02:17
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1506
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!